Aplikasi Pemberian Konsep Disertai Umpan Balik dalam Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Multimedia SMK GIKI 1 Surabaya Tahun Ajaran 2012-2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas X Multimedia SMK GIKI 1 Surabaya setelah pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan, (2) Mendeskripsikan respon siswa kelas X Multumedia SMK GIKI 1 Surabaya setelah pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan. Penelitian ini dilakukan di SMK GIKI 1 Surabaya. Bentuk penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang hasilnya disajikan dalam bentuk analisa kuantitatif. Materi dalam penelitian ini logika matematika. Subjek penelitian ini siswa kelas X-MM 5. Data dalam penelitian ini adalah hasil pretest, posttest dan respon siswa. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Prestasi belajar siswa mengalami perkembangan saat pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan pada materi logika matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan rata-rata kelas sebesar 65,75 menjadi 81,03, dan penuruan varian dari 237 menjadi 119, (2) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pemberian konsep diserti umpan balik sangat positif. Karena siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran matematika.
Full text article
References
Dihardjo, Wudjud S. 1994. Hubungan Antara Inteligensi, Kemampuan Menalar Dan Penguasaan Konsep Dalam Matematika, Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Matematika Siswa SMAN Kelas II A1 dan II A2 di Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 1993 – 1994 . Surabaya : Pendidikan Matematika IKIP Surabaya. Tesis tidak dipublikasikan.
http://pustakahaura.wordpress.com/2011/05/22/konsep-dalam-matematika/ diakses tanggal 16 Februari 2013
Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLTK.
Purwanto. 2007.Instrumen Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saliman, dan Sudarsono. 1994. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum .Jakarta; Rineka Cipta.
Silverius, Suke. 1999. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta : PT Grasindo.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sukino. 2007. Matematika Jilid 1B untuk Kelas X SMA. Jakarta : Erlangga
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ