Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audiovisual dan Alat Peraga pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas Kelas VIII
Abstract
Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk memperoleh gambaran secara empiris mengenai: pembelajaran matematika melalui penggunakan audiovisual dan alat peraga, respon siswa dan guru terhadap pembelajaran matematika melalui penggunakan media audiovisual dan alat peraga. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif, dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dianalisis deskriptif adalah : ketuntasan belajar, aktifitas siswa, dan aktifitas guru, dengan subyek penelitian adalah Siswa Kelas VIII B Mts. Darut Tauhid Surabaya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan nilai prestasi belajar matematika siswa kelas Kelas VIII B Mts. Darut Tauhid Surabaya dapat ditingkatkan melalui penggunaan media audiovisual dan alat peraga dalam proses pembelajaran. Siklus 1 dengan rata-rata 68,53, meningkat sebesar 8% dari nilai awal (UTS). Siklus 2 meningkat 14% dari siklus 1 dengan rata-rata 78,24.
Full text article
References
Ariani, Niken dan Haryanto, Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Publister.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djalal. 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang : P3T IKIP Malang
http://www.anneahira.com/pengertian-prestasi-belajar-menurut-para-ahli.htm). Diakses tanggal 31 Januari 2013.
http://www.sarjanaku.com/2011/05/media-audio-visual.html. Diakses tanggal 2 Maret 2013.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ