Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audiovisual dan Alat Peraga pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas Kelas VIII

Muhammad Iqbal Munadhdhom (1)
(1) Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk memperoleh gambaran secara empiris mengenai: pembelajaran matematika melalui penggunakan audiovisual dan alat peraga, respon siswa dan guru terhadap pembelajaran matematika melalui penggunakan media audiovisual dan alat peraga. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif, dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dianalisis deskriptif adalah : ketuntasan belajar, aktifitas siswa, dan aktifitas guru, dengan subyek penelitian adalah Siswa Kelas VIII B Mts. Darut Tauhid Surabaya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan nilai prestasi belajar matematika siswa kelas Kelas VIII B Mts. Darut Tauhid Surabaya dapat ditingkatkan melalui penggunaan media audiovisual dan alat peraga dalam proses pembelajaran. Siklus 1 dengan rata-rata 68,53, meningkat sebesar 8% dari nilai awal (UTS). Siklus 2 meningkat 14% dari siklus 1 dengan rata-rata 78,24.

Full text article

Generated from XML file

References

Ariani, Niken dan Haryanto, Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Publister.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djalal. 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang : P3T IKIP Malang

http://www.anneahira.com/pengertian-prestasi-belajar-menurut-para-ahli.htm). Diakses tanggal 31 Januari 2013.

http://www.sarjanaku.com/2011/05/media-audio-visual.html. Diakses tanggal 2 Maret 2013.

Authors

Muhammad Iqbal Munadhdhom
iqbalmunadhdhom@yahoo.co.id (Primary Contact)
Munadhdhom, M. I. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audiovisual dan Alat Peraga pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas Kelas VIII. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/206

Article Details

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.