Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Pemanfaatan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Ngraho pada Materi Limit Fungsi

Revi Elvira Rosanti (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Kriteria ketuntasan minimum (KKM) kelas XI MAN 1 Ngraho untuk mata pelajaran matematika adalah 70. Permasalahannya adalah rata-rata nilai Ulangan Harian (UH) kelas XI hanya 44,87 dari 39 siswa yang tuntas hanya 8 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 31 siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya prestasi belajar siswa adalah kegiatan pelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga membuat siswa pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan hasil belajar matematika, aktivitas siswa dan respon siswa kelas XI MAN 1 Ngraho Bojonegoro dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan pemanfaatan LKS. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian berupa tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Ngraho Bojonegoro. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 1 Ngraho Bojonegoro dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif NHT dengan pemanfaatan LKS. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UH ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 68,87 dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 77,4. Aktivitas siswa yang tadinya pasif menjadi aktif saat menggunakan model pembelajaran Koopertaif NHT dengan pemanfaatan LKS serta siswa juga memberikan respon yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimin. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Faiq, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung : CV. Yrama Widya

Ibrahim, M. dkk., 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Muliawan , Jasa Ungguh. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Gava Media

Authors

Revi Elvira Rosanti
shoffanshoffa@gmail.com (Primary Contact)
Rosanti, R. E. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Pemanfaatan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Ngraho pada Materi Limit Fungsi. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/205

Article Details

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.