Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Pemanfaatan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Ngraho pada Materi Limit Fungsi
Abstract
Kriteria ketuntasan minimum (KKM) kelas XI MAN 1 Ngraho untuk mata pelajaran matematika adalah 70. Permasalahannya adalah rata-rata nilai Ulangan Harian (UH) kelas XI hanya 44,87 dari 39 siswa yang tuntas hanya 8 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 31 siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya prestasi belajar siswa adalah kegiatan pelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga membuat siswa pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan hasil belajar matematika, aktivitas siswa dan respon siswa kelas XI MAN 1 Ngraho Bojonegoro dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan pemanfaatan LKS. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian berupa tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Ngraho Bojonegoro. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 1 Ngraho Bojonegoro dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif NHT dengan pemanfaatan LKS. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UH ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 68,87 dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 77,4. Aktivitas siswa yang tadinya pasif menjadi aktif saat menggunakan model pembelajaran Koopertaif NHT dengan pemanfaatan LKS serta siswa juga memberikan respon yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimin. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Faiq, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung : CV. Yrama Widya
Ibrahim, M. dkk., 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Muliawan , Jasa Ungguh. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Gava Media
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ