Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Lailatul Fajriyah (1)
(1) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model MMP pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN Warugunung tahun pelajaran 2012/2013. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas III A SDN Warugunung dapat ditingkatkan dengan menggunakan model MMP. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS genap ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 5 % dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 17 %. Pembelajaran melalui model pembelajaran MMP diharapkan dapat dikembangkan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Krismanto, Al. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

http://local.sman3sda.sch.id/download/download/ebook/BUku/buku%20matematika/STRATEGIPEMBELAJARANMATEMATIKA.pdf. di akses 16 Mei 2012.

Najih, Ahmad T. 2012. Meningkatkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI. Mamba’ul Ulum Galang Tahun Pelajaran 2011-2012 Melalui Penggunaan Komik. Skripsi. Surabaya: UMSurabaya. Tidak dipublikasikan.

Purwanita, Yuliati. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dalam Upaya Meningkatkan Penalaran Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Skripsi. Bandung: UPI. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=4051. di akses 6 Februari 2013.

Rohaeti, Ai. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Skripsi. Bandung: UPI. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=5444. di akses 6 Februari 2013.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Authors

Lailatul Fajriyah
shoffanshoffa@gmail.com (Primary Contact)
Fajriyah, L. (2016). Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/204

Article Details

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.