Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model MMP pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN Warugunung tahun pelajaran 2012/2013. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas III A SDN Warugunung dapat ditingkatkan dengan menggunakan model MMP. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS genap ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 5 % dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 17 %. Pembelajaran melalui model pembelajaran MMP diharapkan dapat dikembangkan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Krismanto, Al. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
http://local.sman3sda.sch.id/download/download/ebook/BUku/buku%20matematika/STRATEGIPEMBELAJARANMATEMATIKA.pdf. di akses 16 Mei 2012.
Najih, Ahmad T. 2012. Meningkatkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI. Mamba’ul Ulum Galang Tahun Pelajaran 2011-2012 Melalui Penggunaan Komik. Skripsi. Surabaya: UMSurabaya. Tidak dipublikasikan.
Purwanita, Yuliati. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dalam Upaya Meningkatkan Penalaran Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Skripsi. Bandung: UPI. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=4051. di akses 6 Februari 2013.
Rohaeti, Ai. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Skripsi. Bandung: UPI. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=5444. di akses 6 Februari 2013.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ