Pengembangan Buku Ajar dengan Pendekatan PMRI pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII SMP Negeri 1 Waru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan buku ajar dengan pendekatan PMRI pada materi prisma dan limas kelas VIII berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Proses penelitian pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase, yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Penilaian buku ajar dilakukan oleh tiga validator.Hasil penelitian diperoleh rata-rata total validasi dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian materi sebesar 4,06 dalam kategori sangat valid. Penilaian secara umum dari ketiga validator adalah kategori B yang berarti buku ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. Berdasarkan tes hasil belajar sebanyak 28 siswa dari 33 siswa dinyatakan tuntas, sehingga persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 84,84%. Respon siswa terhadap buku ajar dalam kategori positif karena persentasenya sebesar 88,692% dalam kategori sangat kuat. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa buku ajar dengan pendekatan PMRI dinyatakan layak.
Â
Full text article
References
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Depdiknas. 2008. Perangkat Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Halimah, Walidatul. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Teori Belajar Dienes dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Materi Luas Persegi dan Persegi Panjang Untuk Kelas III SD. Surabaya: Skripsi tidak dipublikasikan.
Joko, Muhammad. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sadiman, Arif, dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Gradindo Persada
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ