Whole Brain Teaching sebagai Desain Pembelajaran Matematika yang Kreatif
Abstract
Penelitian bertujuan untuk memperoleh desain pembelajaran berbasis karakter kreatif melalui pendekatan Whole Brain Teaching pada materi grafik garis lurus yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan desain pembelajaran ini didasarkan pada model pengembangan Plomp, yang terdiri dari empat fase, yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain atau perancangan, (3) realisasi atau konstruksi, dan (4) tes, evaluasi, revisi. Fase investigasi awal meliputi investigasi pengetahuan prasyarat, mengamati dan analisis perilaku siswa, mengkaji kurikulum dan silabus, serta investigasi sumber pendukung. Fase perancangan diantaranya merancang pengorganisasian materi menjadi unit-unit yang utuh, berdasarkan karakteristik materi dan alokasi waktu, membuat pemetaan materi dan aktivitas PBM yang relevan, serta membuat rancangan RPP dan LKS. Dalam fase realisasi, dikembangkan dua perangkat yaitu RPP dan LKS. Di fase terakhir, yaitu tes evaluasi, dilakukan validasi dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil analisis data, desain pembelajaran matematika berdasarkan Whole Brain Teaching dapat diterapkan dan terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari tingkat keterlaksanaan lebih dari 75% dan masing-masing aktivitas terlaksana di atas 61%. Hasil ini diperkuat dengan hasil wawancara yang berpendapat bahwa pembelajaran persamaan garis lurus menggunakan Whole Brain Teaching cukup baik dan menyenangkan, secara umum menyampaikan gesture yang dipakai pada pembelajaran dapat membantu dalam memahami konsep persamaan dan grafik garis lurus dan meningkatkan daya ingat.
Full text article
References
Akyurek, E., & Afacan, O. (2013). Effects of brain-based learning approach on students’ motivation and attitudelevels in science class. Mevlana International Journal of Education, 3(1), 104-119. (Online) (http://dx.doi.org/10.13054/mije.13.08.3.1) diakses 1 Mei 2016.
Amstrong, Tricia.2009. The Whole Brain Solution. Jakarta: Grafindo.
Biffle, Chriss. 2010. Whole Brain Teaching, (Online). (http://www.wholebrainteaching.com) diakses 20 Oktober 2011
Komariah, Kokom. 2011. Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.Prosiding Seminar Nasional Matematika UNY.
Moma, La. 2012. Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Generatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika UNY.
Sanjaya, Wina. 2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sofan, Amri dkk, 2010.Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Pustakaraya
Sumarticus, 2011.Whole Brain Teaching- Make Teaching Fun Again. (online).http://smarticus.hubpages.com/hub/What-is-Power-Teaching. (diakses 12 Mei 2016)
Torio, Von Anthony. 2016. Whole brain teaching in the Philippines: Teachingstrategyfor addressing motivation and academic performance. International Journal of Research Studies in Education2016 July, Volume 5 Number 3, 59-70, (Online)(http://www.consortiacademia.org/index.php/ ijrse/article/view/1289) diakses 2 Mei 2016.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ