Analisis Pemahaman Siswa terhadap Strategi Visualisasi, Auditori, Kinestetik

Muhammad Syahrul Kahar (1), Muhamad Ruslan Layn (2), Suci Ristiya Nurjanah (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran, siswa belum mampu menjabarkan secara langsung materi yang diajarkan oleh guru, baik secara Visual maupun Kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil dari penggunaan strategi  Visualisasi, Auditori, Kinestetik terhadap pemahaman siswa kelas VIII B pada materi fungsi dan (2) untuk mengetahui respon dari siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Sains Algebra Kota Sorong  tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil dari penggunaan strategi pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic terhadap pemahaman siswa kelas VIII B MTs Sains Algebra Kota Sorong pada materi fungsi adalah 70% siswa memperoleh nilai tes di atas KKM, dan 30% siswa memperoleh nilai tes di bawah KKM. (2) Respon siswa terhadap strategi pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic adalah sebagai berikut: (a) Untuk pernyataan positif, 46,3% menyatakan sangat setuju, 42,5% setuju, 9% tidak setuju dan 2,2% sangat tidak setuju. (b) Untuk pernyataan bernilai negatif, 49,1% menyatakan sangat tidak setuju, 36,7% tidak setuju, 11,7% setuju dan 2,5% sangat setuju.

References

Read More

Authors

Muhammad Syahrul Kahar
muhammadsyahrulkahar@gmail.com (Primary Contact)
Muhamad Ruslan Layn
Suci Ristiya Nurjanah
Kahar, M. S., Layn, M. R., & Nurjanah, S. R. (2018). Analisis Pemahaman Siswa terhadap Strategi Visualisasi, Auditori, Kinestetik. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1406

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.