FKIP UMSurabaya

Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Filosofi Tongkonan Pada Era New Normal di SD Kristen Makale 1

Hakpantria Hakpantria, Shilfani Shilfani, Linerda Tulaktondok

Sari

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tentang pendidikan karakter berbasis nilai filosofi Tongkonan yang berlaku di SD Kristen Makale 1 di Tana Toraja. Metode yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) pelaksanaan pendidikan karakter pada era new normal dilaksanakan secara online dan tatap muka yang dibagi dalam 2 sesi. (2) Terdapat pendidikan karakter berbasis filosofi Tongkonan yaitu karakter religius, jujur, tekun, disiplin, peduli, karapasan, kerja keras, kasianggaran, kasiuluran. Pendidikan karakter dilaksanakan melalui morning devision dan ibadah rutin secara virtual. Melakukan tongkon bagi yang berduka kemudian adanya bentuk kepedulian melalui carring Piggy Bank dan  Penanaman karakter khusus  yang di berikan pada siswa melalui petua. Dapat disimpulkan bahwa di sekolah tersebut menerapkan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai filosofi Tongkonan yang terdapat dalam kearifan lokal Toraja. Sehingga pentingnya pendidikan karakter pada era new normal di sekolah dasar yang dapat dikaitkan  dengan budaya lokal.

Kata Kunci

Character, Tongkonan philosophy, Elementary School.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahsanulkhaq, M. 2019. Jurnal Prakarsa Paedagogia: Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Volume 2 Nomor 1 Halaman 21-33.

Arrang, G Tumba, Andi A dan Muhammad S. 2020. Phinisi Integration Review. Pergeseran Pemaknaan Rumah Ada Tongkonan dan Alang Pada Masyarakat Toraja Volume 3 Nomor 2 Halaman 150-164.

Brata Ida Agus, Rulianto dan Ida, B Nym Wartha. 2020. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio: Strategi Menghadapi Tantangan Arus Budaya Global Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Budaya. Volume 12 Nomor 2 Halaman 130-139. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm

Hariandi, A, Yanda Irawan. 2016. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar: Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Volume 1 Nomor 1 Halaman 176-189. Terbit Online Pada Laman Web: http://online journal.unja.ac.id/index.php/gen

Karniyanti, Pongsendana. 2015. Penerapan Nilai Lokal Dalam Pengembangan Iklim Sekolah Pada Smp Negeri 2 Makale. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar. Makassar. HTTP://EPRINTS.UNM.AC.ID/ID/EPRINT/877

Lexy J., Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mertasari, N Made Sri. 2016. Jurnal Sains dan Teknologi: Media Online Untuk Asesmen Pendidikan Karakter Terpadu. Volume 5 Nomor 1 Halaman 683-691.

Sultonurohmah, N. Al-Ibtida: 2017. Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur Dan Disiplin Siswa. Volume 5 Nomor 2 Halaman 1-21.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.9830

Refbacks