Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Filosofi Tongkonan Pada Era New Normal di SD Kristen Makale 1

Hakpantria Hakpantria (1), Shilfani Shilfani (2), Linerda Tulaktondok (3)
(1) Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia,
(2) Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia,
(3) Universitas Kristen Indonesia Toraja

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tentang pendidikan karakter berbasis nilai filosofi Tongkonan yang berlaku di SD Kristen Makale 1 di Tana Toraja. Metode yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) pelaksanaan pendidikan karakter pada era new normal dilaksanakan secara online dan tatap muka yang dibagi dalam 2 sesi. (2) Terdapat pendidikan karakter berbasis filosofi Tongkonan yaitu karakter religius, jujur, tekun, disiplin, peduli, karapasan, kerja keras, kasianggaran, kasiuluran. Pendidikan karakter dilaksanakan melalui morning devision dan ibadah rutin secara virtual. Melakukan tongkon bagi yang berduka kemudian adanya bentuk kepedulian melalui carring Piggy Bank dan  Penanaman karakter khusus  yang di berikan pada siswa melalui petua. Dapat disimpulkan bahwa di sekolah tersebut menerapkan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai filosofi Tongkonan yang terdapat dalam kearifan lokal Toraja. Sehingga pentingnya pendidikan karakter pada era new normal di sekolah dasar yang dapat dikaitkan  dengan budaya lokal.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ahsanulkhaq, M. 2019. Jurnal Prakarsa Paedagogia: Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Volume 2 Nomor 1 Halaman 21-33.

Arrang, G Tumba, Andi A dan Muhammad S. 2020. Phinisi Integration Review. Pergeseran Pemaknaan Rumah Ada Tongkonan dan Alang Pada Masyarakat Toraja Volume 3 Nomor 2 Halaman 150-164.

Brata Ida Agus, Rulianto dan Ida, B Nym Wartha. 2020. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio: Strategi Menghadapi Tantangan Arus Budaya Global Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Budaya. Volume 12 Nomor 2 Halaman 130-139. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm

Hariandi, A, Yanda Irawan. 2016. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar: Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Volume 1 Nomor 1 Halaman 176-189. Terbit Online Pada Laman Web: http://online journal.unja.ac.id/index.php/gen

Karniyanti, Pongsendana. 2015. Penerapan Nilai Lokal Dalam Pengembangan Iklim Sekolah Pada Smp Negeri 2 Makale. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar. Makassar. HTTP://EPRINTS.UNM.AC.ID/ID/EPRINT/877

Lexy J., Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mertasari, N Made Sri. 2016. Jurnal Sains dan Teknologi: Media Online Untuk Asesmen Pendidikan Karakter Terpadu. Volume 5 Nomor 1 Halaman 683-691.

Muammar, M. A., Sujinah, S., & Affandy, A. N. (2020). Children’s Good Character Development with Traditional Literature for Conveying Moral Values. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(5).

Sultonurohmah, N. Al-Ibtida: 2017. Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur Dan Disiplin Siswa. Volume 5 Nomor 2 Halaman 1-21.

Penulis

Hakpantria Hakpantria
hakpantria@ukitoraja.ac.id (Kontak utama)
Shilfani Shilfani
Linerda Tulaktondok
Biografi Penulis

Hakpantria Hakpantria, Universitas Kristen Indonesia Toraja

Dosen PGSD Universitas Kristen Indonesia Toraja. Pangkat Asisten Ahli,  Penelitian dilakukan sebagai luaran wajib dalam penelitian PD-DIKTI sebagai Penelitian Dosen Pemula (PDP) sebgai Ketua.

Shilfani Shilfani, Universitas Kristen Indonesia Toraja

Dosen Bahasa Inggris, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Penelitian dilakukan sebagai luaran wajib dalam penelitian PD-DIKTI sebagai Penelitian Dosen Pemula (PDP) sebgai Anggota Pertama

Linerda Tulaktondok, Universitas Kristen Indonesia Toraja

Dosen Bahasa Inggris, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Penelitian dilakukan sebagai luaran wajib dalam penelitian PD-DIKTI sebagai Penelitian Dosen Pemula (PDP) sebagai Anggota kedua

Rincian Artikel

No Related Submission Found