Isi Artikel Utama

Abstrak

Literasi numerasi dibutuhkan dalam setiap aspek kegiatan, baik pada rumah, sekolah atau lingkungan masyarakat. pada kehidupan sehari-hari ketika mengatur waktu, memilih lama pekerjaan, berbelanja, merencanakan liburan atau aktivitas lainnya membutuhkan kemampuan literasi numerasi. menggunakan kemampuan literasi numerasi, para PMI akan bisa memecahkan permasalahan yang berkaitan menggunakan matematika. Kemampuan yg terkait ialah kemampuan mengaplikasikan konsep sapta, pengukuran, operasi hitung, geometri, data dan pola serta menginterpretasikan isu kuantitatif yang ada di sekeliling. Guna memperkuat kecakapan numerasi bagi PMI, perlu ditingkatkan aktivitas kegiatan yang sesuai dengan muatan numerasi yaitu dengan mengadakan pelatihan secara online bagi para PMI di Hong Kong. Metode aktivitas ini ialah menggunakan melaksanakan training dan pendekatan pada mitra yang dituju, melaksanakan pelatihan dan evaluasi. hasil evaluasi pelatihan menyatakan bahwa aktivitas pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para PMI di Hong Kong.

Kata Kunci

hong kong literasi numerasi pekerja migran indonesia

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). DEVELOPING LITERACY LEARNING MODEL BASED ON MULTI LITERACY, INTEGRATED, AND DIFFERENTIATED CONCEPT AT PRIMARY SCHOOL. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 156–166. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283
  2. Bachtiar, P. P., & Tirtosudarmo, R. (2017). From domestic workers to care workers, understanding the dynamics of Indonesia’s overseas labour mobility. Asia Pacific Journal of Social Work and Development, 27(3–4), 142–158. https://doi.org/10.1080/02185385.2017.1405364
  3. Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
  4. Haerudin. (2018). Pengaruh Literasinumerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1A), 401–409. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2123
  5. Holmes, W., & Dowker, A. (2013). Catch Up Numeracy: A targeted intervention for children who are low-attaining in mathematics. Research in Mathematics Education, 15(3). https://doi.org/10.1080/14794802.2013.803779
  6. Kemdikdub. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Kusdarini, E., Puspitasari, C. D., Sakti, S. W. K., & Wahyuni, P. M. (2021). The Urgency of Legal Literacy for Indonesian Migrant Workers through Distance Education. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 15(4), 399–416. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v15no4.2317
  8. Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000
  9. Mafruhah, I., Sarsito, T., & Gravitiani, E. (2012). The Welfare of the Indonesian Migrant Workers ( TKI ) in the Land of a Malay Nation : A Socio-Economic Analysis. Southeast Asian Journal of Social and Political Issues, 1(2), 246–271. https://eprints.uns.ac.id/14801/1/Publikasi_Jurnal_079.pdf
  10. Muksin, N. N., Shabana, A., & Tohari, M. A. (2019). KOMUNIKASI ONLINE PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DALAM PENGELOLAAN FINANSIAL. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 20(2). https://doi.org/10.31346/jpikom.v20i2.1980
  11. Muksin, N. N., Tohari, M. A., & Shabana, A. (2019). Indonesian Migrant Workers: Online Communication on Financial Management. 36–39. https://doi.org/10.2991/agc-18.2019.6
  12. Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
  13. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung,
  14. Widiyahseno, B., Rudianto, & Widaningrum, I. (2018). PARADIGMA BARU MODEL PELINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG RI NOMOR 18 TAHUN 2017. Sosio Informa, 4(3), 501–515. https://doi.org/https://doi.org/10.33007/inf.v4i3.1578