Penguatan Literasi Numerasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong

Ahmad Fadillah, Dian Nopitasari, Westi Bilda, Rika Sukmawati, Yenni Yenni, Prawidi Wisnu Subroto

Sari

Literasi numerasi dibutuhkan dalam setiap aspek kegiatan, baik pada rumah, sekolah atau lingkungan masyarakat. pada kehidupan sehari-hari ketika mengatur waktu, memilih lama pekerjaan, berbelanja, merencanakan liburan atau aktivitas lainnya membutuhkan kemampuan literasi numerasi. menggunakan kemampuan literasi numerasi, para PMI akan bisa memecahkan permasalahan yang berkaitan menggunakan matematika. Kemampuan yg terkait ialah kemampuan mengaplikasikan konsep sapta, pengukuran, operasi hitung, geometri, data dan pola serta menginterpretasikan isu kuantitatif yang ada di sekeliling. Guna memperkuat kecakapan numerasi bagi PMI, perlu ditingkatkan aktivitas kegiatan yang sesuai dengan muatan numerasi yaitu dengan mengadakan pelatihan secara online bagi para PMI di Hong Kong. Metode aktivitas ini ialah menggunakan melaksanakan training dan pendekatan pada mitra yang dituju, melaksanakan pelatihan dan evaluasi. hasil evaluasi pelatihan menyatakan bahwa aktivitas pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para PMI di Hong Kong.

Kata Kunci

hong kong; literasi; numerasi; pekerja migran indonesia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). DEVELOPING LITERACY LEARNING MODEL BASED ON MULTI LITERACY, INTEGRATED, AND DIFFERENTIATED CONCEPT AT PRIMARY SCHOOL. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 156–166. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283

Bachtiar, P. P., & Tirtosudarmo, R. (2017). From domestic workers to care workers, understanding the dynamics of Indonesia’s overseas labour mobility. Asia Pacific Journal of Social Work and Development, 27(3–4), 142–158. https://doi.org/10.1080/02185385.2017.1405364

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Haerudin. (2018). Pengaruh Literasinumerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1A), 401–409. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2123

Holmes, W., & Dowker, A. (2013). Catch Up Numeracy: A targeted intervention for children who are low-attaining in mathematics. Research in Mathematics Education, 15(3). https://doi.org/10.1080/14794802.2013.803779

Kemdikdub. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusdarini, E., Puspitasari, C. D., Sakti, S. W. K., & Wahyuni, P. M. (2021). The Urgency of Legal Literacy for Indonesian Migrant Workers through Distance Education. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 15(4), 399–416. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v15no4.2317

Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000

Mafruhah, I., Sarsito, T., & Gravitiani, E. (2012). The Welfare of the Indonesian Migrant Workers ( TKI ) in the Land of a Malay Nation : A Socio-Economic Analysis. Southeast Asian Journal of Social and Political Issues, 1(2), 246–271. https://eprints.uns.ac.id/14801/1/Publikasi_Jurnal_079.pdf

Muksin, N. N., Shabana, A., & Tohari, M. A. (2019). KOMUNIKASI ONLINE PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DALAM PENGELOLAAN FINANSIAL. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 20(2). https://doi.org/10.31346/jpikom.v20i2.1980

Muksin, N. N., Tohari, M. A., & Shabana, A. (2019). Indonesian Migrant Workers: Online Communication on Financial Management. 36–39. https://doi.org/10.2991/agc-18.2019.6

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung,

Widiyahseno, B., Rudianto, & Widaningrum, I. (2018). PARADIGMA BARU MODEL PELINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG RI NOMOR 18 TAHUN 2017. Sosio Informa, 4(3), 501–515. https://doi.org/https://doi.org/10.33007/inf.v4i3.1578


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v7i1.10782

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.