Isi Artikel Utama
Abstrak
Literasi numerasi dibutuhkan dalam setiap aspek kegiatan, baik pada rumah, sekolah atau lingkungan masyarakat. pada kehidupan sehari-hari ketika mengatur waktu, memilih lama pekerjaan, berbelanja, merencanakan liburan atau aktivitas lainnya membutuhkan kemampuan literasi numerasi. menggunakan kemampuan literasi numerasi, para PMI akan bisa memecahkan permasalahan yang berkaitan menggunakan matematika. Kemampuan yg terkait ialah kemampuan mengaplikasikan konsep sapta, pengukuran, operasi hitung, geometri, data dan pola serta menginterpretasikan isu kuantitatif yang ada di sekeliling. Guna memperkuat kecakapan numerasi bagi PMI, perlu ditingkatkan aktivitas kegiatan yang sesuai dengan muatan numerasi yaitu dengan mengadakan pelatihan secara online bagi para PMI di Hong Kong. Metode aktivitas ini ialah menggunakan melaksanakan training dan pendekatan pada mitra yang dituju, melaksanakan pelatihan dan evaluasi. hasil evaluasi pelatihan menyatakan bahwa aktivitas pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para PMI di Hong Kong.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). DEVELOPING LITERACY LEARNING MODEL BASED ON MULTI LITERACY, INTEGRATED, AND DIFFERENTIATED CONCEPT AT PRIMARY SCHOOL. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 156–166. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283
- Bachtiar, P. P., & Tirtosudarmo, R. (2017). From domestic workers to care workers, understanding the dynamics of Indonesia’s overseas labour mobility. Asia Pacific Journal of Social Work and Development, 27(3–4), 142–158. https://doi.org/10.1080/02185385.2017.1405364
- Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
- Haerudin. (2018). Pengaruh Literasinumerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1A), 401–409. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2123
- Holmes, W., & Dowker, A. (2013). Catch Up Numeracy: A targeted intervention for children who are low-attaining in mathematics. Research in Mathematics Education, 15(3). https://doi.org/10.1080/14794802.2013.803779
- Kemdikdub. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kusdarini, E., Puspitasari, C. D., Sakti, S. W. K., & Wahyuni, P. M. (2021). The Urgency of Legal Literacy for Indonesian Migrant Workers through Distance Education. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 15(4), 399–416. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v15no4.2317
- Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000
- Mafruhah, I., Sarsito, T., & Gravitiani, E. (2012). The Welfare of the Indonesian Migrant Workers ( TKI ) in the Land of a Malay Nation : A Socio-Economic Analysis. Southeast Asian Journal of Social and Political Issues, 1(2), 246–271. https://eprints.uns.ac.id/14801/1/Publikasi_Jurnal_079.pdf
- Muksin, N. N., Shabana, A., & Tohari, M. A. (2019). KOMUNIKASI ONLINE PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DALAM PENGELOLAAN FINANSIAL. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 20(2). https://doi.org/10.31346/jpikom.v20i2.1980
- Muksin, N. N., Tohari, M. A., & Shabana, A. (2019). Indonesian Migrant Workers: Online Communication on Financial Management. 36–39. https://doi.org/10.2991/agc-18.2019.6
- Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung,
- Widiyahseno, B., Rudianto, & Widaningrum, I. (2018). PARADIGMA BARU MODEL PELINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG RI NOMOR 18 TAHUN 2017. Sosio Informa, 4(3), 501–515. https://doi.org/https://doi.org/10.33007/inf.v4i3.1578
Referensi
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). DEVELOPING LITERACY LEARNING MODEL BASED ON MULTI LITERACY, INTEGRATED, AND DIFFERENTIATED CONCEPT AT PRIMARY SCHOOL. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 156–166. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283
Bachtiar, P. P., & Tirtosudarmo, R. (2017). From domestic workers to care workers, understanding the dynamics of Indonesia’s overseas labour mobility. Asia Pacific Journal of Social Work and Development, 27(3–4), 142–158. https://doi.org/10.1080/02185385.2017.1405364
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Haerudin. (2018). Pengaruh Literasinumerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1A), 401–409. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2123
Holmes, W., & Dowker, A. (2013). Catch Up Numeracy: A targeted intervention for children who are low-attaining in mathematics. Research in Mathematics Education, 15(3). https://doi.org/10.1080/14794802.2013.803779
Kemdikdub. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusdarini, E., Puspitasari, C. D., Sakti, S. W. K., & Wahyuni, P. M. (2021). The Urgency of Legal Literacy for Indonesian Migrant Workers through Distance Education. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 15(4), 399–416. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v15no4.2317
Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000
Mafruhah, I., Sarsito, T., & Gravitiani, E. (2012). The Welfare of the Indonesian Migrant Workers ( TKI ) in the Land of a Malay Nation : A Socio-Economic Analysis. Southeast Asian Journal of Social and Political Issues, 1(2), 246–271. https://eprints.uns.ac.id/14801/1/Publikasi_Jurnal_079.pdf
Muksin, N. N., Shabana, A., & Tohari, M. A. (2019). KOMUNIKASI ONLINE PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DALAM PENGELOLAAN FINANSIAL. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 20(2). https://doi.org/10.31346/jpikom.v20i2.1980
Muksin, N. N., Tohari, M. A., & Shabana, A. (2019). Indonesian Migrant Workers: Online Communication on Financial Management. 36–39. https://doi.org/10.2991/agc-18.2019.6
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung,
Widiyahseno, B., Rudianto, & Widaningrum, I. (2018). PARADIGMA BARU MODEL PELINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG RI NOMOR 18 TAHUN 2017. Sosio Informa, 4(3), 501–515. https://doi.org/https://doi.org/10.33007/inf.v4i3.1578