Isi Artikel Utama

Abstrak

Artikel ini mendeskripsikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, dengan tujuan untuk memperkuat literasi kebijakan pendidikan agar mereka mampu memilih program dan lembaga pendidikan yang sesuai. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode workshop, dengan pendekatan pemberdayaan yang diadaptasi dari teori Adi (2008). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa: (1) PMI merasa puas terhadap pelaksanaan pemberdayaan dari berbagai aspek yang diukur, yaitu respons, partisipasi, pemberdayaan, dampak, dan kesesuaian; dan (2) berdasarkan evaluasi kuantitatif, workshop ini terbukti mampu meningkatkan literasi kebijakan pendidikan para peserta. PMI tidak hanya memahami kebijakan pendidikan Indonesia, tetapi juga mampu mengaplikasikan pemahaman tersebut melalui penyusunan rencana aksi dalam bentuk "sungai kehidupan" sebagai panduan untuk memilih program dan lembaga pendidikan yang sesuai dengan target pendidikan dan karier setelah masa kerja mereka berakhir.

Kata Kunci

Literasi kebijakan pendidikan Pekerja migran Indonesia Pemberdayaan masyaraka

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ebni Sholikhah, Universitas Negeri Yogyakarta

Program Studi Kebijakan Pendidikan

Mami Hajaroh, Universitas Negeri Yogyakarta

Program Studi Kebijakan Pendidikan

Maryani Maryani, Universitas Negeri Yogyakarta

Program Studi Kebijakan Pendidikan

Muhammad Saiful Anwar, Universitas Negeri Yogykarta

Program Studi Kebijakan Pendidikan

Referensi

  1. Aprillia, B., Widianingsih, I., Rachman, J. B., & Ningrum, S. (2021). The importance of improving literacy skills for Indonesian women migrant workers in the pre departure stage to support safe migration (SDG 10); gender sensitivity approach. LibraryPhilosophyandPractice(e-Journal), 12.
  2. Badan Pusat Statistik. (2021). Tingkat Penyelesaian Pendidikan Menurut Jenjang Pendidikan dan Jenis Kelamin 2019-2021. https://www.bps.go.id/indicator/28/1982/1/tingkat-penyelesaian-pendidikan-menurut-jenjang-pendidikan-dan-jenis-kelamin.html
  3. Bali, S., Chou Liu, M., & Hsuan Lin, H. (2019). Pursuing Higher Education Careers and The Process of Migrantion among Indonesia Female Migrant Workers in Taiwan. Journal of Nusantara Studies (JONUS), 4(2), 302–317. https://doi.org/10.24200/jonus.vol4iss2pp302-317
  4. BP2MI. (2022). Data Pekerja Migran Indonesia Semester I 2022 (pp. 1–34) [Laporan Berkala]. Pusat Data dan Informasi (BP2MI). https://www.bp2mi.go.id/uploads/statistik/images/data_05-08-2022_Laporan_Publikasi_Semester_1_2022.pdf
  5. Handler, H. J. (2018). Economic Links between Education and Migration: An Overview. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3189725
  6. Haryono, N. (2012). Jejaring Untuk Membangun Kolaborasi Sektor Publik. Jejaring Administrasi Publik, 4(1), 1–7.
  7. International Labour ORganization. (n.d.). Perlindungan dan Pencegahan untuk Pekerja Migran Indonesia. Retrieved 10 August 2022, from https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_122318.pdf
  8. Interpol Indonesia. (2021). https://interpol.go.id/berita24.php
  9. Isbandi Rukminto Adi. (2008). Intervensi Komunitas: Pengembangan Masyarakat sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Rajawali Press.
  10. Jung, K. H. (2008, December). An Empirical analysis of the polcy literacy function: A focus on civic activities [SNU Journal]. https://s-space.snu.ac.kr/handle/10371/70019
  11. KJRI Hong Kong Koordinasi dengan Aparat Terkait Pemerkosaan Pekerja Migran: Okezone News. (2021). https://news.okezone.com/read/2021/07/01/18/2433558/kjri-hong-kong-koordinasi-dengan-aparat-terkait-pemerkosaan-pekerja-migran
  12. Kusdarini, E., Puspitasari, C. D., Sakti, S. W. K., & Wahyuni, P. M. (2021). The Urgency of Legal Literacy for Indonesian Migrant Workers through Distance Education. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 15(4), 399–416. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v15no4.2317
  13. Mustahab, A. A. (2022). Besaran Gaji TKI di Hong Kong Semua Profesi 2022. Upah Kerja. https://www.upahkerja.com/2022/06/gaji-tki-hongkong.html
  14. Pekerja Migran Asal Indramayu Dipenjara di Hongkong Selama 20 Tahun, Keluarga Minta Kejelasan. (2022). https://jabarekspres.com/berita/2022/01/12/pekerja-migran-asal-indramayu-dipenjara-di-hongkong-selama-20-tahun-keluarga-minta-kejelasan/
  15. Saya Kuliah untuk Buktikan Buruh Migran Bisa Berpendidikan. (2018). https://tirto.id/saya-kuliah-untuk-buktikan-buruh-migran-bisa-berpendidikan-c1qs
  16. workshop noun—Definition, pictures, pronunciation and usage notes | Oxford Advanced American Dictionary at OxfordLearnersDictionaries.com. (n.d.). Retrieved 23 August 2022, from https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/american_english/workshop

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.