Storytelling dan Electronic Word Of Mouth Dalam Mempengaruhi Kepuasan Konsumen (Studi Pada Sego Njamoer di Surabaya)

Authors

  • Ilham Ashari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M Anang Firmansyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v1i1.9470

Abstract

This study aims to determine the effect of storytelling and electronic word of mouth variables on consumer satisfaction at the “Sego Njamoer†food company. The number of samples in this study is 91 respondents. They are all consumers of ‘Sego Njamoer†who have bought Sego Njamoer products. The sampling is using purposive sampling technique. The technique used in this study is to collect data using a questionnaire. The data are analyzed using multiple linear regression analysis techniques. The results of this study indicate that the storytelling and electronic word of mouth variables have an influence on the variable customer satisfaction simultaneously. The results of this study indicate that electronic word of mouth is the most dominant variable affecting consumer satisfaction.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel storytelling dan electronic word of mouth terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan makanan Sego Njamoer. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 91 responden. Mereka semua adalah konsumen Sego Njamoer yang pernah membeli produk Sego Njamoer. Pengambilang sampling menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel storytelling dan electronic word of mouth memiliki pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth merupakan variabel yang paling berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan konsumen.

Keywords: storytelling, electronic word of mouth, customer satisfaction

 

 

Author Biographies

Ilham Ashari, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

M Anang Firmansyah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

References

Fatihudin,Didin, 2015, Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Zifatama Publishing, Cetakan Pertama, Sidoarjo.

Firmansyah,Anang dan Mahardhika,Budi, 2018, Pengantar Manajemen, Deepublish, cetakan pertama, Yogyakarta.

Fatihudin,Didin, dan Firmansyah,Anang, 2019 Pemasaran Jasa, Deepublish Publisher, Cetakan Pertama, Yogyakarta.

Firmansyah,Anang dan Fatihudin,Didin, 2017, Globalisasi Pemasaran, Deepublish Publisher, Cetakan Pertama, Yogyakarta.

Kotler,Philip dan Keller,Kevin, 2009, Manajemen Pemasaran, Airlangga, Edisi ke-13, Jilid 2, Jakarta.

Laudon,Kenneth dan Laudon,Jane, 2015, Management Information Systems Managing the Digital Firm Thirteenth Edition, Salemba Empat, Edisi ke-13, Jakarta Selatan.

Suwarduki,Puspa., Yulianto,Edy dan Marwadi,Kholid.,Agustus, 2016, “Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung Di Indonesiaâ€, page 3-4.

Hafizah,Nurul dan Ariyanti,Maya.,Januari, 2019, “Pengaruh The Public Good And Knowledge Self-Efficacy Terhadap Niat Konsumen Melakukan Electronic Word Of Mouth (Studi Pada Pengguna Kaskus Di Indonesia)â€, page 19-20.

Melinda,Marsela.,Sari,Puspita, dan Prasetio,Adhi.,Agustus, 2018, “Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Pada Followers Akun Instagram Adorable Projectâ€, page 1661

Pravitasari,Nirakatriena.,Arifin,Zainul, dan Mawardi,Kholid., April, 2018, “Pengaruh Storytelling Marketing Terhadap Brand Equity Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Video Iklan Allure Matcha Latte Story di Youtube)â€, page 32.

Shopiani,Puji., 2008, “Peran Storytelling Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan TK/SD AL-AZHAR Pondok Labuâ€, page 21.

Ratnasari,Nunik., Maret, 2016, “Pengaruh Social Media Marketing Dan Perilaku Konsumen Online Di Kota Subang Terhadap Brand Story Pada Aplikasi Instant Messenger Lineâ€, page 52-53

Maharani ,et al.,Februari, 2018, “Pengaruh Green Marketing dan Brand Equity Terhadap Purchase Intention Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat di Kabupaten Jombang)â€, page 68

Fog,Klaus, et.al, 2010, Storytelling Branding in Practice, Spinger, Second Edition, Copenhagen, DenmarkNoorainy, F. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran. Journal of Management Review, 2(1):75-85.

Nur’aini DF, F. (2017). Paduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Quadrant.

Pratiwi, D., Lie, D., Efendi, & Chandra, E. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT Bank Sumut Syariah Cabang Pematangsiantar. Jurnal MAKER, 3(1): 73-81.

Sarwono, P. (2015). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Afabeta.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sedarnayanti. (2009). Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung: Mandar Maju.

Soelistya, D. (2017). Membangun Komitmen Karyawan. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2018). Manajemen Sumberdaya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Elfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner, Alat Statistik dan Contoh Riset). Yogyakarta: Caps Publishing.

Published

2021-03-29