Strategi Optimalisasi Aspek Operasional Dalam Bisnis Modern di Era Perkembangan Digital

Penulis

  • Muhammad Alif Muaffa Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
  • Abdur Rohman Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura, 2 Madura, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v5i1.26394

Abstrak

The objective of this research is to identify and analyze strategies to optimize operational aspects in modern businesses in the era of digital development. The primary objective of this research is to assess the methods by which companies can enhance efficiency, productivity, and competitiveness by integrating operational management approaches and digital technology. The research method employed is a qualitative approach, incorporating literature study techniques to facilitate an in-depth understanding of the dynamics of business operations in the digital era. This method also enables the identification of trends and best practices based on credible academic and industry sources. The novelty of this research lies in the comprehensive approach used to combine classic operational management strategies, such as Just-In-Time and supply chain agility, with modern digital technologies such as the Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), and blockchain. This research establishes an integrative framework that can be adaptively applied in the Indonesian business context by combining the concepts of operational efficiency and digitalization. The results of this study are expected to serve as a strategic reference for businesses in implementing digital innovations effectively and sustainably in their business processes..

Keywords: Operational Management, Digitalization, Just-In-Time, Supply Chain Agility

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi untuk mengoptimalkan aspek operasional dalam bisnis modern di era perkembangan digital. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana Perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing dengan mengintegrasikan pendekatan manajemen operasional dan teknologi digital secara bersamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi literatur memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika operasional bisnis di era digital, serta mengungkap tren dan praktik terbaik berdasarkan sumber-sumber akademis dan industri yang kredibel. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pendekatan komprehensif yang digunakan untuk menggabungkan strategi manajemen operasional klasik, seperti Just-In-Time dan kelincahan rantai pasokan, dengan teknologi digital modern seperti Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain. penelitian ini membangun sebuah kerangka kerja integratif yang dapat diaplikasikan secara adaptif dalam konteks bisnis di Indonesia dengan menggabungkan konsep efisiensi operasional dan digitalisasi, hasil studi ini diharapkan dapat menjadi acuan strategis bagi pelaku bisnis dalam mengimplementasikan inovasi digital secara efektif dan berkelanjutan dalam proses bisnisnya..

Kata Kunci: Manajemen Operasional, Digitalisasi, Just in time, Kemampuan Rantai Pasok

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25