Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Primadani Wahyu Dhaningtyas (1), Triman Juniarso (2), Ida Sulistyawati (3)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstrak

Project based learning merupakan model pembeljaaran yang menekankan siswa untuk dapat belajar secara mandiri, aktif, dan kreatif dengan memecahkan masalah, serta yang dihadapi dan siswa juga dapat menghasilkan proyek/kegiatan dari pengalamannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar untuk mengukur pemahaman siswa kelas V tentang materi sistem peredaran darah pada manusia dan sistem pencernaan manusia. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh dan manfaat model project based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas v sdn kebondalem mojosari.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71-81.

Ferdig, R. E., Baumgartner, E., Hartshorne, R., Kaplan-Rakowski, R., & Mouza, C. (Eds.). (2020). Teaching, technology, and teacher education during the COVID-19 pandemic: Stories from the field. Waynesville, NC: Association for the Advancement of Computing in Education.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., ... & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879-1882.

Spikol, D., Ruffaldi, E., Dabisias, G., & Cukurova, M. (2018). Supervised machine learning in multimodal learning analytics for estimating success in projectâ€based learning. Journal of Computer Assisted Learning, 34(4), 366-377.

Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 45-54.

Yustitia, V. (2017). Profil kemampuan penalaran mahasiswa PGSD UNIPA Surabaya dalam pemecahan masalah matematika sekolah. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Penulis

Primadani Wahyu Dhaningtyas
Triman Juniarso
trimanunipa@gmail.com (Kontak utama)
Ida Sulistyawati

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found