PENGEMBANGAN E-MODULE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA KELAS V SD

Eka Yudha Ardiyanto (1)
(1) Universitas Terbuka, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis prosedur pengembangan, validitas dan efektivitas e-module berorientasi PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi operasi hitung pecahan siswa kelas V SD. Jenis metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan prosedur pengembangannya yaitu ADDIE, dan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi guru dan siswa, angket untuk validasi ahli materi, media dan pembelajaran, angket respon guru dan siswa, dan tes pengetahuan. E-module berorientasi PBL diujicobakan pada 22 siswa SDN Reksosari 01 dan 6 siswa SDN Reksosari 02 (eksperimen), dan 13 siswa SDN Reksosari 03 (kontrol). Teknik analisis data berupa analisis kebutuhan, uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis keefektifan produk e-module berorientasi PBL. Hasil penelitian ini yaitu: (1) prosedur pengembangan e-module berorientasi PBL menggunakan tahapan ADDIE, (2) Hasil penilaian oleh ahli materi, media dan pembelajaran menyatakan bahwa e-module berorientasi PBL dalam ketegori Baik atau Layak digunakan dengan rerata persentase sebesar 77,7 %, (3) e-module berorientasi PBL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD. Terlihat dari nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antara pretest dan posttest maupun kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sesuai yang ditargetkan yaitu ada  perbedaan yang signifikan  (0,000 < 0,05).

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Anugeraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal Of Language, Literature, Culture, And Education Polyglot Vol.14 No.1.

Atmaji, R.D. dan Maryani,I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar Vol. 1, No.1, Hal. 28-34.

Buchori, A. dan Rahmawati, N. D. (2017). Pengembangan E-Modul Geometri Dengan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 23–29.

Rahmadina, dkk. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL). International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), Vol. 36, No. 1.

Samura, A.O. (2015). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 4, No.1, Hal. 69-79

Suryani, Nunuk dan Setiawan. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Penulis

Eka Yudha Ardiyanto
masekayudha@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found