Strategi Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Indonesia

Andika Saputra (1)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:63:"Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto";}, Indonesia

Abstrak

Pengelolaan kelas yang efektif merupakan kunci untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan mendukung keberhasilan siswa. Artikel ini membahas berbagai strategi pengelolaan kelas yang dapat diterapkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Fokus utama dari penelitian ini adalah pada penerapan pendekatan yang berbasis pada partisipasi aktif siswa, pembentukan hubungan positif antara guru dan siswa, serta penggunaan teknologi informasi untuk mendukung proses belajar mengajar. Dengan menerapkan strategi seperti penetapan aturan yang jelas, pengelolaan waktu yang efisien, serta pemberian umpan balik yang konstruktif, guru dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan produktif. Selain itu, kolaborasi antara siswa dan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan juga dianggap penting dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil dari artikel ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam merancang dan menerapkan pengelolaan kelas yang lebih baik, serta mendorong peningkatan kualitas pembelajaran di berbagai tingkatan pendidikan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Afsari, S., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas dan Fasilitas

Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 535–543.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4577

Aprilia, B. F., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan

Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(04), 434–449.

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil

Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 9.

https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11759

Belakang, A. L. (2024). Dampak manajemen pembelajaran terhadap hasil penilaian peserta

didik. 5(1), 79–92.

Cahyawati, R., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan

Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal

Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(02), 100–107.

Efendi, M., Asha, L., & Wanto, D. (2024). Mengurai Tantangan Manajemen Mutu

Pendidikan Madrasah: Tinjauan Dari Input-Proses-Output. Educational Leadership:

Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 240–254.

https://doi.org/10.24252/edu.v3i2.43721

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar

Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.

https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan

Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308.

https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Hidayatullah, A. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Motivasi

Belajar dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan,

(4), 1451–1459.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.620

Ismawati, A., Suhaili, N., & Nirwana, H. (2021). Teacher’S Strategy in Creating Effective

Classroom Management. Literasi Nusantara, 1(3), 147–153.

https://doi.org/10.21107/literasinusantara.v1n3.295

Kurniawan, A., Sari, M. N., Sianipar, D., Hutapea, B., Supriyadi, A., Rahman, A., Akbar, M.

A., & Purba, S. (n.d.). Manajemen kelas.

Perni, N. N. (2019). Tantangan Dalam Manajemen Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal

Pendidikan Dasar, 3(1), 37.

https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.911

Sekolah, M. O., Teologi, T., & Nusantara, K. (2018). Jurnal Teruna Bhakti. Copyright©,

(1), 49. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna

Septiati, Y. A., Hanurawaty, Y., Gustira, I., Penilaian, R., Kunci, A. K., Globalisasi, E.,

Kesehatan, P., & Vokasi, S. P. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam pada

Lembaga Pendidikan di Era Globalisasi. Journal on Education, 5(4), 17100–17104.

Susulan, N. I., Talipan, S. B., & Matolo, M. A. L. (n.d.). Class Size : Its Implication to Pupils

’ Learning. 2–5.

https://doi.org/10.5281/zenodo.7032266

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam

Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen

Pendidikan, 5(2), hal 179.

Wiarsih, C., & Aziez, F. (2021). Mengeksplorasi Strategi Manajemen Kelas Bahasa Inggris

Di Sekolah Dasar Inklusi. Khazanah Pendidikan, 15(1), 74.

https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10359

Penulis

Andika Saputra
andikatara211@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found