Strategi Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Indonesia
Abstrak
Pengelolaan kelas yang efektif merupakan kunci untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan mendukung keberhasilan siswa. Artikel ini membahas berbagai strategi pengelolaan kelas yang dapat diterapkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Fokus utama dari penelitian ini adalah pada penerapan pendekatan yang berbasis pada partisipasi aktif siswa, pembentukan hubungan positif antara guru dan siswa, serta penggunaan teknologi informasi untuk mendukung proses belajar mengajar. Dengan menerapkan strategi seperti penetapan aturan yang jelas, pengelolaan waktu yang efisien, serta pemberian umpan balik yang konstruktif, guru dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan produktif. Selain itu, kolaborasi antara siswa dan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan juga dianggap penting dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil dari artikel ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam merancang dan menerapkan pengelolaan kelas yang lebih baik, serta mendorong peningkatan kualitas pembelajaran di berbagai tingkatan pendidikan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Afsari, S., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas dan Fasilitas
Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 535–543.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4577
Aprilia, B. F., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan
Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(04), 434–449.
Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil
Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 9.
https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11759
Belakang, A. L. (2024). Dampak manajemen pembelajaran terhadap hasil penilaian peserta
didik. 5(1), 79–92.
Cahyawati, R., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan
Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal
Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(02), 100–107.
Efendi, M., Asha, L., & Wanto, D. (2024). Mengurai Tantangan Manajemen Mutu
Pendidikan Madrasah: Tinjauan Dari Input-Proses-Output. Educational Leadership:
Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 240–254.
https://doi.org/10.24252/edu.v3i2.43721
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar
Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.
https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392
Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan
Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308.
https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913
Hidayatullah, A. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Motivasi
Belajar dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan,
(4), 1451–1459.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.620
Ismawati, A., Suhaili, N., & Nirwana, H. (2021). Teacher’S Strategy in Creating Effective
Classroom Management. Literasi Nusantara, 1(3), 147–153.
https://doi.org/10.21107/literasinusantara.v1n3.295
Kurniawan, A., Sari, M. N., Sianipar, D., Hutapea, B., Supriyadi, A., Rahman, A., Akbar, M.
A., & Purba, S. (n.d.). Manajemen kelas.
Perni, N. N. (2019). Tantangan Dalam Manajemen Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal
Pendidikan Dasar, 3(1), 37.
https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.911
Sekolah, M. O., Teologi, T., & Nusantara, K. (2018). Jurnal Teruna Bhakti. Copyright©,
(1), 49. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna
Septiati, Y. A., Hanurawaty, Y., Gustira, I., Penilaian, R., Kunci, A. K., Globalisasi, E.,
Kesehatan, P., & Vokasi, S. P. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam pada
Lembaga Pendidikan di Era Globalisasi. Journal on Education, 5(4), 17100–17104.
Susulan, N. I., Talipan, S. B., & Matolo, M. A. L. (n.d.). Class Size : Its Implication to Pupils
’ Learning. 2–5.
https://doi.org/10.5281/zenodo.7032266
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam
Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen
Pendidikan, 5(2), hal 179.
Wiarsih, C., & Aziez, F. (2021). Mengeksplorasi Strategi Manajemen Kelas Bahasa Inggris
Di Sekolah Dasar Inklusi. Khazanah Pendidikan, 15(1), 74.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
