Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pemberian Apersepsi, Motivasi, Demonstrasi dan Penggunaan Alat Peraga Pelajaran IPA Kelas IV

Wardi Wardi (1)
(1) SDN Balongmojo Gresik, Indonesia

Abstrak

Pembelajaran IPA tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas IPA dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24). Penelitian ini berdasarkan permasalahan tentang bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode Appersepsi, Motivasi dengan Alat Peraga serta bagaimanakah pengaruh metode Appersepsi, Motivasi dengan Alat Peraga terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Appersepsi, Motivasi dengan Alat Peraga, serta ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode Appersepsi, Motivasi dengan Alat Peraga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (NIP. ,75,66%), siklus II (79,00%), siklus III NIP. ,84,70%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode metode Appersepsi, Motivasi dengan Alat Peraga dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IV SDN Balongmojo Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2005/2016 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta.

Depdikbud Dirjend Dikdasmen. (1994). Pedoman Proses Mengajar SD. Jakarta.

Depdikbud Dirjend Dikdasmen. (1997). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Kelas IV SD. Jakarta.

H.M, Surya. (2004). Materi Pokok Kapita Selekta SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Mulyani, Sumantri; & Nana, Syaodin. (2005). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka.

Setiawan, Denny; dkk. (2008). Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suciati; dkk. (2005). Belajar dan pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka

Sutarno, Nono. (2008). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K. (2004). Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K. Wihardit, K. & Nasoetion, N.(2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Winataputra, S Udin, dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Penulis

Wardi Wardi
wardibalongmojo@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found