Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Aminah, Muh, Rego Aminah, Yahya, Devilla (1)
(1) SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar1. STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar2,3, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini mengatahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya, sebanyak 26 orang. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, pengajian data, menarik kesimpulan. Hasil temuan menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada setiap siklus, persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif meningkat. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada kemampuan siswa yang sudah berada pada kelompok baik pada akhir siklus untuk kemampuan berpikir kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya sangat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Armandita, P. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–135.

Bunda, A. P., & Junaidi, J. (2021). Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IIS Mata Pelajaran Sosiologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020 / 2021 di SMAN 10 Padang. Jurnal SIKOLA, 2(4), 297–306.

Cahyani, H. D., Herlina, A., Hadiyanti, D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 919–927.

Calvin Talakua, S. S. E. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 46–57. https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8061

Fita Nofiana Arda, H. P. (2020). ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 CIRUAS KOTA SERANG PADA MATERI GEOMETRI. Wahana Didaktika, 18(3), 270–279.

Kurnia, A., & Sunarno, W. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Pilihan Ganda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 04(September), 27–32.

Meika, I. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa sma. JPPM, 10(2), 8–13.

Nia, K., & Effendi, S. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137.

Novianti, D., & Hidayat, W. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MTs DALAM BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. JPMI, 3(6), 595–604. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.595-604

Novianti, F., Nova, T., & Yunianta, H. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR YANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Jurnal MAJU, 5(1), 120–132.

Nur, N. M., Lubis, H. A., Amalia, A., & Sitepu, S. B. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Drill. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 369–378.

Pangestu, M. K., Yulianti, E., & Pratiwi, N. (2021). Pengembangan instrumen penilaian bermuatan steam untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan problem solving pada tema getaran dan gelombang. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(4), 297–303. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p297-303

Riyanti, Y. W. S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309–1317.

Rodhi. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 167–177.

Setiasari, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM DISCOVERY LINK MAP. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 37–42.

Shoit, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open Ended Problem dengan Performance Assessment. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 37–48.

Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–212.

Widyastuti, T., & Harun, L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pendekatan Open Ended Berbasis Soal Cerita. 3(3), 234–247.

Wulandari, W., Danaryanti, A., Mawaddah, S., Studi, P., & Matematika, P. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED INQUIRY. Jurmadikta, 1(2), 29–38.

Penulis

Aminah, Muh, Rego Aminah, Yahya, Devilla
sigitbinbasso@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found