Metode Eksperimen Media Air Untuk Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Penulis

  • Anisa Yunita Sari Universitas Narotama
  • Andini Dwi Arumsari Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2605

Abstrak

ABSTRAK

 

Pembelajaran menggunakan metode eksperimen tidak hanya memberikan kontribusi pada perkembngan kognitif tetapi juga memberikan kontribusi pada perkembanagan sosial anak usia dini. Melalui metode eksperimen anak diberi kesempatan untuk mengalami sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek dan keadaan. Anak akan belajar untuk memiliki karakter tidak mudah menyerah untuk melakukan suatu percobaan, ada beberapa bentuk metode eksperimen dalam implementasinya dilakukan berkelompok sehingga akan melatih sikap toleransi saat anak mengantri untuk mengambil alat-alat yang akan digunakan dalam eksperimen, tidak menggangu teman yang sedang melakukan kegiatan  dan dapat melatih mencerminkan sikap yang bersifat peduli misalkan  bersedia bermain dengan teman sebaya, dan memiliki sikap tanggung jawab untuk merapikan dan merawat alat yang digunakan dalam eksperimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat melatih perkembangan sosial anak usia dini.

Referensi

Aqid, Z, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya

Berk L. E dan A. Winsler. 1995. Scaffolding Children Learning:Vygotsky And Early Childhood Education. Washington DC: NAECY

Bryce. Seefeld, Carol. 2001. Technology Young Children. New Jersey: Prentice Hall Inc

Catron, Carol. Edan Jan Allen. 1999. Early Childhood Curriculu: A Creative Play Model, 2ndedition. New Jersey:Merill Publ

Clark Donald. 2011. Kolb`S Leraning Style And Experintal Learningmodel. (www.nwlink.com/donclark/hrd/style/kolb.html), Diakses pada 13 November 2011

Dewey, J. 1897. My Pedagogic Creed, In Dewey, J (1940) Education Today, New York:Greenwood Press

Djamarah, Syaiful Basri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta:Rhineka Cipta

Docket, Sue dan Marlyn Fleer. 2000. Play And Pedagogy In Early Childhood-Bending The Rules Sidney:Hartcourt

Dodge, Diane Trisler And Laura J. Colker. 2000. Creatives Curriculum For Early Childhood. Washington, DC: Teaching Strategy.

Dworetzky, John P. Tanpa Tahun. Introduction To Child Development. Saint Paul, Minnepolis: West Publishing Company.

Eshach & Fried M.N. 2005. Should Science Be Tought In Early Childhood? Journal Of Science Education And Technology, 14 (3), 315-336

Hainstock, Elizabeth G. 1999. Metode Pengajaran Montesori Untuk Anak Prasekolah.Jakarta: Pustaka Dalaprasa .

Hurlock, Elizabeth, B. 1978. Child Development, Sixt Edition. New York; Mc Graw Hill, Inc

Hurlock, Elizabeth. 1993. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga

Kemendiknas. 2010. Kumpulan Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendiknas RI

Masitoh, Et. Al. 2007. Pendekatan Belajar Aktif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:PT Rhineka Cipta

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks

Patrick, Falicia. 2011. Handbook Of Research On Improfiny Learning And Motivation.

Ramey-Gassert, L. 1997. Learning Science Beyond The Classroom. The Elementary School Journal, 97(4), 433-450.

Roopnaire, J.L& Johnson, J.E. 1993. Approaches to early Childhood, Education, 2ndEdition, New York: Meril

Rostiyah N.K. 2001.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Solehudin, M. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI

Sudarna. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Rosda

Sudono, Anggarani. 2006. Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta: PT Gramedia

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Sidharto, Suryati dan Rita Ekka Izzaty. 2007. Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sutirna. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset

Suyadi. 2014. Konsep Dasar Anak Usia Dini Neorosience. Yogyakarta:Rosda

Suyadi dan Maulidya Ulfa. 2010. Konsep Dasar Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wiyani Novan Andri. 2014. Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar Rus Media

Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks

Unduhan

Diterbitkan

2019-07-20

Cara Mengutip

Sari, A. Y., & Arumsari, A. D. (2019). Metode Eksperimen Media Air Untuk Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2605

Terbitan

Bagian

Artikel