Metode Eksperimen Media Air Untuk Perkembangan Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2605Abstract
ABSTRAK
Â
Pembelajaran menggunakan metode eksperimen tidak hanya memberikan kontribusi pada perkembngan kognitif tetapi juga memberikan kontribusi pada perkembanagan sosial anak usia dini. Melalui metode eksperimen anak diberi kesempatan untuk mengalami sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek dan keadaan. Anak akan belajar untuk memiliki karakter tidak mudah menyerah untuk melakukan suatu percobaan, ada beberapa bentuk metode eksperimen dalam implementasinya dilakukan berkelompok sehingga akan melatih sikap toleransi saat anak mengantri untuk mengambil alat-alat yang akan digunakan dalam eksperimen, tidak menggangu teman yang sedang melakukan kegiatan dan dapat melatih mencerminkan sikap yang bersifat peduli misalkan bersedia bermain dengan teman sebaya, dan memiliki sikap tanggung jawab untuk merapikan dan merawat alat yang digunakan dalam eksperimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat melatih perkembangan sosial anak usia dini.
References
Aqid, Z, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya
Berk L. E dan A. Winsler. 1995. Scaffolding Children Learning:Vygotsky And Early Childhood Education. Washington DC: NAECY
Bryce. Seefeld, Carol. 2001. Technology Young Children. New Jersey: Prentice Hall Inc
Catron, Carol. Edan Jan Allen. 1999. Early Childhood Curriculu: A Creative Play Model, 2ndedition. New Jersey:Merill Publ
Clark Donald. 2011. Kolb`S Leraning Style And Experintal Learningmodel. (www.nwlink.com/donclark/hrd/style/kolb.html), Diakses pada 13 November 2011
Dewey, J. 1897. My Pedagogic Creed, In Dewey, J (1940) Education Today, New York:Greenwood Press
Djamarah, Syaiful Basri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta:Rhineka Cipta
Docket, Sue dan Marlyn Fleer. 2000. Play And Pedagogy In Early Childhood-Bending The Rules Sidney:Hartcourt
Dodge, Diane Trisler And Laura J. Colker. 2000. Creatives Curriculum For Early Childhood. Washington, DC: Teaching Strategy.
Dworetzky, John P. Tanpa Tahun. Introduction To Child Development. Saint Paul, Minnepolis: West Publishing Company.
Eshach & Fried M.N. 2005. Should Science Be Tought In Early Childhood? Journal Of Science Education And Technology, 14 (3), 315-336
Hainstock, Elizabeth G. 1999. Metode Pengajaran Montesori Untuk Anak Prasekolah.Jakarta: Pustaka Dalaprasa .
Hurlock, Elizabeth, B. 1978. Child Development, Sixt Edition. New York; Mc Graw Hill, Inc
Hurlock, Elizabeth. 1993. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga
Kemendiknas. 2010. Kumpulan Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendiknas RI
Masitoh, Et. Al. 2007. Pendekatan Belajar Aktif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:PT Rhineka Cipta
Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks
Patrick, Falicia. 2011. Handbook Of Research On Improfiny Learning And Motivation.
Ramey-Gassert, L. 1997. Learning Science Beyond The Classroom. The Elementary School Journal, 97(4), 433-450.
Roopnaire, J.L& Johnson, J.E. 1993. Approaches to early Childhood, Education, 2ndEdition, New York: Meril
Rostiyah N.K. 2001.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Solehudin, M. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI
Sudarna. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Rosda
Sudono, Anggarani. 2006. Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta: PT Gramedia
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Sidharto, Suryati dan Rita Ekka Izzaty. 2007. Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sutirna. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset
Suyadi. 2014. Konsep Dasar Anak Usia Dini Neorosience. Yogyakarta:Rosda
Suyadi dan Maulidya Ulfa. 2010. Konsep Dasar Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wiyani Novan Andri. 2014. Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar Rus Media
Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
