MENGAJARKAN DAILY LIFE SKILL PADA ANAK USIA 6 TAHUN YANG MENDERITA RETARDASI MENTAL DENGAN PENDEKATAN MONTESSORI

Penulis

  • Dwi Nurhayati Adhani Universitas Trunojoyo Madura
  • Dewi Mayangsari Universitas Trunojoyo Madura
  • Siti Fadjryana Fitroh Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3a.1033

Abstrak

Anak usia  dini mengalami beberapa bentuk perkembangan, yaitu perkembangan kognitif, sosial emosional, fisik motorik, bicara bahasa, kreativitas. Namun adakalanya seorang anak memiliki perkembangan yang kurang optimal dikarenakan anak tersebut termasuk anak dengan retardasi mental. Retardasi mental memiliki karakteristik yaitu memiliki intelejensi dibawah rata-rata  dan memiliki kemampuan kecakapan hidup (daily life skills) yang dibawah standar usianya. Kemampuan kecakapan hidup sangat penting bagi seorang anak yang memiliki retardasi mental karena akan bermanfaat bagi kemandirian. Kemampuan kecakapan hidup (daily life skills) yang diajarkan pada anak usia 5-6 tahun yang menderita retardasi mental disesuaikan dengan kemampuan mana yang belum ia kuasai, misalnya mengancingkan baju. Penggunaan daily life skills dapat diajarkan salah satunya dengan pendekatan Montessori. Pendekatan Montessori yang digunakan menggunakan alat peraga yanghampir menyerupai alat sebenarnya.

 

Kata kunci : Anak usia dini, retardasi mental, pendekatan Montessori

Referensi

DSM IV TR

Elizabeth Hainstock. 2002. Montessori Untuk Sekolah Dasar. Bandung: Delapratasa Publishing

Gustek, Gerald. 2013. Metode Montessori (Panduan wajib untuk Guru dan Orang tua didik PAUD). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hunt, Nancy dan Marshall, Kathleen. 2005.Exceptional Children and Youth: 4th. USA: Houghton Mifflin Company

Morrison, George. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks

Reichow, Brian. 2016. Handbook Early Childhood Special Education. USA: Springer

Sattler. Jerome. M., (2002), Assesment Of Children Behavioral and Clinical Applications, USA :Library of Congress Catalog

Vineland Social Maturity Scale (www.kemdikbud.go.id) diakses tanggal 21 November 2017

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-10

Cara Mengutip

Adhani, D. N., Mayangsari, D., & Fitroh, S. F. (2017). MENGAJARKAN DAILY LIFE SKILL PADA ANAK USIA 6 TAHUN YANG MENDERITA RETARDASI MENTAL DENGAN PENDEKATAN MONTESSORI. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3a.1033

Terbitan

Bagian

Artikel