Analisis Throttle Position Sensor (TPS) Standart dan Racing dengan Dua Variasi Bahan Bakar terhadap Kinerja Vario 125

Moh. Arif Batutah (1), Suhariyanto (2), Syafiuddin (3)
(1) Departemen Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Departemen Teknik Mesin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia,
(3) Departemen Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Salah satu cara untuk meningkatkan performa motor yaitu mengganti TPS standart dengan racing berbahan bakar Pertalite dan Shell V-Power. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruhnya terhadap torsi, daya, BEMP, FC, SFC, dan efisiensi thermal pada engine Vario 125. Data dikumpulkan melalui dua pengujian pertama dengan bahan bakar Pertalite menggunakan sensor TPS standar dan racing, dan kedua dengan bahan bakar Shell V-Power menggunakan alat dynotest, tachometer, dan buret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sensor TPS standartdan racing dengan bahan bakar Pertalite dan Shell V-Power memiliki pengaruh nyata terhadap performa mesin. Torsi maksimum dicapai pada putaran 3000 RPM, dengan sensor TPS racing berbahan bakar Pertalite sebesar 19,15 Nm. Daya maksimum didapatkan dari penggunaan sensor TPS standart berbahan bakar Shell V-Power yaitu 9,5 HP pada putaran 8000 RPM. Tekanan efektif rata-rata maksimum didapatkan pada putaran 3000rpm yaitu 19,440 kgf/cm2. Nilai FC dan SFC paling rendah tercapai saat menggunakan sensor TPS standart dengan bahan bakar Shell V-Power, dengan nilai masing-masing 0,18 kg/jam dan 0,026 kg/HP.jam pada putaran 2000 RPM. Untuk nilai efisiensi thermal maksimumnya sebesar 53,42% terdapat pada putaran 3000 RPM.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Batutah, m. A., ariani, b., kusnanto, h., sofana, i., & syahrir, i. (2024). J-proteksion : jurnal kajian ilmiah dan teknologi teknik mesin universitas muhammadiyah surabaya,8(2),123–127. HtTPS://doi.org/10.32528/jp.v8i2.1529

Ikhsan, I., & Elfizon, E. (2020). Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis Internet of Things. JTEIN J. Tek. Elektro Indones, 1(2), 162-167.

Fahrezi, M. W., Setiawan, R., & Hanifi, R. (2023). Pengaruh Variasi Bahan Bakar dengan Perubahan Sudut Waktu Pembakaran (Ignation Timing) terhadap performa Mesin Sepeda Motor Vario 125 cc. JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN, 8(1), 151-160.

Kuswanto tri raharjo, toni setiawan, f. F. (2022). Analisa performa mesin honda vario 125 fi dengan variasi injector standar dan racing. Journal of vocational education and automotive technology pendidikan vokasional teknik mesin universitas ivet semarang, 4(1).

Isal. (2020). Istilah TPS pada motor injeksi. HtTPS://www.gridoto.com/read/222221949/pernah-dengar-istilah-TPS-pada-motor-injeksi-ternyata-begini-cara-kerjanya

Sobri, m. (2024). Perbedaannya TPS racing dengan TPS standar, dan pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar. Bantenhay.com bengkel atjm di kota serang.

Nasution, m. (2022). Bahan bakar merupakan sumber energi yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Journal of electrical technology fakultas teknik uisu, 7(1), 29–33.

Syahrial, e. (2017). Kepdirjen migas no. 0486 thn 2017. Kementerian energi dan sumber daya mineral republik indonesia.

Ningrat, a. A. W. K., kusuma, i. G. B. W., & wayan, i. (2016). Pengaruh penggunaan bahan bakar Pertalite terhadap akselerasi dan emisi gas buang pada sepeda motor bertransmisi otomatis. Jurnal mettek jurusan teknik mesin universitas udayana kampus bukit jimbaran, bali, 2(1), 59–67

Muhardi,H.(2017).BahanbakarShellV-Power.HtTPS://www.liputan6.com/otomotif/read/2931339/shell-rilis-v-power-dan-super-terbaru-apa-kelebihannya

Faisal kurnia akbar, wegie ruslan, i. G. E. L. (2019). Analisis performa mesin menggunakan bahan bakar pertamax , pertamax turbo , shell super , dan Shell V-Power. Fakultas teknik mesin universitas pancasila, 1–8.

Arismunandar, p. I. W. (2005). Buku motor bakar torak (kelima).

Nurdiansyah, d. R., putra, s. A., azimansyah, r., & kurniawan, b. D. (2022). Pengaruh daya dan torsi untuk performa sebuah mesin effect of power and torque the performance of a machine. Universitas muhammadiyah jember.

John b. Heywood (1998). Internal combustion engine fundamentals. Mcgraw-hill book company.

V.L. maleev (1993). Internal combustion engines (second edi). Mcgraw-hill book company.

Penulis

Moh. Arif Batutah
arifbatutah@ft.um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Suhariyanto
Syafiuddin
Batutah, M. A., Suhariyanto dan Syafiuddin (2024) β€œAnalisis Throttle Position Sensor (TPS) Standart dan Racing dengan Dua Variasi Bahan Bakar terhadap Kinerja Vario 125”, Journal of Manufacturing in Industrial Engineering & Technology. Surabaya, Indonesia, 3(2), hlm. 61–71. doi: 10.30651/mine-tech.v3i2.23776.

Rincian Artikel

No Related Submission Found