Isi Artikel Utama

Abstrak

Transformasi digital dalam industri konstruksi mendorong adopsi Building Information Modelling (BIM) sebagai teknologi kunci dalam perencanaan, desain, dan pelaksanaan proyek modern. Namun, pemahaman siswa sekolah menengah atas terhadap teknologi konstruksi digital masih sangat terbatas, disertai kurangnya fasilitas pendukung dan minimnya kolaborasi antara sekolah dan dunia industri. Kondisi ini menciptakan kesenjangan kompetensi awal yang perlu dipersiapkan sejak jenjang pendidikan menengah. Untuk menjawab tantangan tersebut, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di SMAN 3 dan SMAN 78 Jakarta dengan tujuan meningkatkan literasi teknologi serta memperkenalkan konsep dasar BIM kepada siswa sebagai langkah awal mengenalkan bidang Teknik Sipil digital. Metode pelaksanaan meliputi presentasi interaktif, visualisasi konsep, penyajian studi kasus, dan demonstrasi perangkat lunak BIM, yang dipadukan dengan sesi diskusi untuk memperkuat pemahaman. Dampak program dievaluasi melalui penyebaran kuesioner pasca kegiatan yang menilai peningkatan pengetahuan dan minat siswa. Hasil evaluasi menunjukkan capaian yang signifikan, di mana 94,7% siswa melaporkan peningkatan pemahaman terhadap materi yang disampaikan, 94,8% menyatakan ketertarikan yang lebih besar terhadap bidang Teknik Sipil, dan 65,8% menunjukkan minat untuk mempelajari BIM secara lebih mendalam. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan berbasis demonstrasi visual dan interaksi langsung efektif dalam membangun kesiapan awal siswa menghadapi perkembangan teknologi konstruksi. Secara keseluruhan, program ini berhasil meningkatkan literasi digital dan ketertarikan siswa terhadap teknik sipil, serta memiliki potensi berkelanjutan melalui pengembangan pelatihan lanjutan, kolaborasi industri serta sekolah, dan integrasi materi BIM dalam kurikulum pendidikan menengah.

Kata Kunci

BIM Konstruksi Digital Teknik Sipil Teknologi Konstruksi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hermawan, F., Putri, L. R., Fatmasari Faisal, U., Imam, M., & Kuswanda, G. F. (2025). Peran Edukasi BIM dalam Meningkatkan Minat dan Kesiapan Karir Siswa SMA Bidang Teknik Sipil Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 293–303. https://doi.org/10.30651/aks.v9i4.27944

Referensi

  1. Aditya Wijaya, D. 2024. Penerapan BIM Building Information Modeling dalam Proyek Teknik Sipil. In Ilmu Teknik.org.4, 2.
  2. Arum, D. H, Pramudiyanto, Elviana, Nuryadin, E. R. 2024. Pelatihan Building Information Modeling Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan di DIY dan Jawa Tengah. Penamas: Jurnal of Community Service. 4, 2. 389 – 399.
  3. Attia, M. 2017. Internet of things in construction industry: A review. Automation in Construction. 81, 178-195.
  4. Bethary, R. T., Krisdianto, N., Soelarso, S., Intari, D. E., Hermita, N., Budiman, A., Purnaditya, N. P., & Asyiah, S. 2023. Sosialiasi platform digital BIM (Building Information Modelling) bagi guru SMKN 1 Tanara Banten. Civil Engineering for Community Development (CECD). 2,2. 83. https://doi.org/10.36055/cecd.v2i2.22176
  5. Fahmy, H., Bambang, E. Y., Ruwaida, Z., Ulfa, F. F., Lucia, H., Salwa, Z. R., Muhammad, Y. 2024 Stimulating Interest in Civil Engineering Through The Introduction of ETABS Software at SMA Negeri 3 Jakarta. 9, 7. 1022-1026. https://doi.org/10.31603/ce.11740
  6. Chen, C., Yuan, X., & Zhao, J. 2018. Application of artificial intelligence in construction project management: A review. Automation in Construction. 93, 291-306.
  7. Eastman, C., Teicholz, P., Sacks, R., & Liston, K. 2008. BIM handbook: A guide to building information modeling for owners, managers, designers, engineers, and contractors. Wiley.
  8. Fatmasari, U., & Latief, Y. 2018. Development of Building Information Modelling (BIM) model to enhance services in maintenance of public building. In Internasional Conference on Industrial Engineering and Operations Management. 8, 3202-3209.
  9. Hatmoko, J. U. D. 2021. Revolusi Industri 4.0 Perspektif Teknologi, Manajemen, Dan Edukasi. CV Andi Offset.
  10. Larasati, R. P., Kiar, V. F., & Ika, W. U. 2024. Digitalisasi Eksperimen Fisika: Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Phyphox: Transform The Smartphone Into a Versatile Physiscs Lab. Klaten: NAS Media Indonesia. ISBN: 978-634-205-187-0.
  11. Larasati, R. P., Kiar, V. F., Abigunto, A. A., & Fakhrizal, A. 2023. Undergraduate engineering students’ attitude towards the use of phyphox in physics experiment. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 7(2), 319-332. https://doi.org/10.24071/ijiet.v7i2.6182
  12. Manzoor, B., Othman, I., Kang, J. M., & Geem, Z. W. 2021. Influence of Building Information Modeling (BIM) Implementation in High-Rise Buildings towards Sustainability. Applied Sciences, 11, 16. https://doi.org/10.3390/app11167626
  13. Pinti, L., Codinhoto, R., & Bonelli, S. 2022. A Review of Building Information Modelling (BIM) for Facility Management (FM): Implementation in Public Organisations. Applied Sciences, 12, 3. https://doi.org/10.3390/app12031540
  14. Project Management Institute. 2021. A guide to the project management body of knowledge (PMBOK® Guide). Project Management Institute.
  15. Ramadhan, M.A, Maulana, A. 2020. Pemahaman Konsep BIIM melalui Autodesk Revit Bagi Guru Teknik Bangunan Se-Jabodetabek. Wirakrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4, 1. 47-52. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.1886
  16. Setiyono, Trias, R. 2024. Integrasi Building Information Modeling (BIM) terhadap Kesiapan Lulusan Teknik Sipil Menghadapi Transformasi Digital di Industri Konstruksi. 4, 4. 343-349. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i4.36
  17. Teo, Y. H., Yap, J. H., An, H., Yu, S. C. M., Zhang, L., Chang, J., & Cheong, K. H. 2022. Enhancing the MEP Coordination Process with BIM Technology and Management Strategies. Sensors, 22(13). https://doi.org/10.3390/s22134936.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.