Isi Artikel Utama
Abstrak
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi signifikan untuk mengatasi membludaknya masalah pengangguran yang tinggi. Hal ini dikarenakan daya serap UKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. Tetapi UKM yang ada di desa Ghonsume masih banyak menghadapi berbagai masalah antara lain masalah manajerial, pemasaran, mutu, pemanfaatan teknologi tepat guna seperti internet, facebook, youtube, instagram serta masalah promosi dan penjualan produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, penjualan dan pemasaran produk melalui pemanfaatan e-commerse atau teknologi patut dicoba untuk dapat membantu para pelaku UKM yang ada di desa Ghonsume. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan juga pengetahuan kepada mitra dalam meningkatkan daya saing dan mutu produksi di desa Ghonsume. Metode yang digunakan adalah dengan cara melakukan observasi, edukasi dan monitoring. Hasil dari pada program pemberdayaan ini mitra mengetahui cara pemanfaatan teknologi untuk pemasaran produksi maupun untuk pengiklanan serta promosi atau pengenalan produk usaha melalui aplikasi facebook, youtube, whatsapp, instagram dan lainnya. Dengan demikian mitra dapat memahami dan menguasai fasilitas informasi tersebut serta dapat mengenalkan produk usahanya sekaligus sebagai media pemasaran.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Bin Othayman, Majed & Meshari, A.& and Mulyata, John & Debrah, Y. (2020) ‘The Challenges Confronting the Delivery of Training and Development Programs in Saudi Arabia: A Critical Review of Research.’, American Journal of Industrial and Business Management. 10. 1611-1639. 10.4236/ajibm.2020.109103.
- Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.’, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175 [Preprint].
- Hartono, Sony. Ubed, R.S. (2018) ‘Pelatihan Online Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Cibogo, Cisauk, Tangerang. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat’, in.
- Helmalia dan Afrinawati (2018) ‘Pengaruh Ecommerce Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang.’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2), pp. 237–246, DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jebi.v3i2.
- Hendriadi, A.A.& S.B.& N.P.T. (2019) ‘Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. 4.1025047/j-dinamika.v4i2.1133’.
- Jauhari, J. (2010) ‘Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce’, Jurnal Sistem Informasi [Preprint].
- Meliala, A.S., Matondang, N. and Sari, R.M. (2016) ‘Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis Kaizen’, Jurnal Optimasi Sistem Industri [Preprint]. doi:10.25077/josi.v13.n2.p641-664.2014.
- Mursid. M (2017) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Purwaningsih, R. and Kusuma Damar, P. (2015) ‘Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja usaha kecil dan menengah (ukm) dengan metode structural equation modelling (studi kasus UKM berbasis industri kreatif Kota Semarang)’, Journal Universitas Diponegoro [Preprint].
- Wahyuningsih, S. (2009) ‘Peranan UKM Dalam Perekonomian Indonesia’, Jurnal Ilmu-ilmu pertanian [Preprint].
Referensi
Bin Othayman, Majed & Meshari, A.& and Mulyata, John & Debrah, Y. (2020) ‘The Challenges Confronting the Delivery of Training and Development Programs in Saudi Arabia: A Critical Review of Research.’, American Journal of Industrial and Business Management. 10. 1611-1639. 10.4236/ajibm.2020.109103.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.’, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175 [Preprint].
Hartono, Sony. Ubed, R.S. (2018) ‘Pelatihan Online Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Cibogo, Cisauk, Tangerang. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat’, in.
Helmalia dan Afrinawati (2018) ‘Pengaruh Ecommerce Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang.’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2), pp. 237–246, DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jebi.v3i2.
Hendriadi, A.A.& S.B.& N.P.T. (2019) ‘Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. 4.1025047/j-dinamika.v4i2.1133’.
Jauhari, J. (2010) ‘Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce’, Jurnal Sistem Informasi [Preprint].
Meliala, A.S., Matondang, N. and Sari, R.M. (2016) ‘Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis Kaizen’, Jurnal Optimasi Sistem Industri [Preprint]. doi:10.25077/josi.v13.n2.p641-664.2014.
Mursid. M (2017) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwaningsih, R. and Kusuma Damar, P. (2015) ‘Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja usaha kecil dan menengah (ukm) dengan metode structural equation modelling (studi kasus UKM berbasis industri kreatif Kota Semarang)’, Journal Universitas Diponegoro [Preprint].
Wahyuningsih, S. (2009) ‘Peranan UKM Dalam Perekonomian Indonesia’, Jurnal Ilmu-ilmu pertanian [Preprint].