Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran inklusi menjadi sebuah kewajiban bagi peserta didik disabilitas untuk dilaksanakan. Keberadaanya tentu memerlukan adanya perhatian secara khusus. Berdasarkan pertimbangan kebutuhan penyandang disabilitas akan solusi dari hambatan proses pembelajaran praktik untuk layanan perbankan pada mata kuliah Account Officer Customer Services (AOCS), maka dibutuhkan adanya media pembelajaran inovatif dengan menggunakan teknologi. Metode pengembangan ini menggunakan jenis pengembangan Borg & Gall dengan menggunakan 7 tahapan yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan ujicoba serta finalisas. Hasilnya adalah bahwa media pembelajaran menggunakan VR-AOCS yang dikembangkan oleh tim ULD Universitas Muhammadiyah Surabaya di Prodi Perbankan Syariah dapat secara adaptif digunakan oleh mahasiswa disabilitas. Selain itu juga adanya media pembelajaran berupa video yang telah diconverting menjadi virtual reality yang dapat menunjang pembelajaran inovatif.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Awalia, H. R. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–16.
- Eggen, P. D., & Kauchak, D. (2014). Educational psychology (Vol. 403). Pustaka Pelajar.
- Gall M. D., Gall, J. P., Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. Educational An Introduction.
- Muzakar, A., Shofa Ilhami, B., Kuswanto, H., Yuliastri, N. A., & Hamzanwadi, U. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Webcourse Untuk mahasiswa Lamban Belajar di PGPAUD Universitas Hamzanwadi. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 446–455. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.5197
- Satria Unggul Wicaksana Prakasa, V. R., Lukman Hakim, dan R., & Setiyawan. (2023). Pengembangan Produk Inovasi BIMA Tuktuk bagi Mahasiswa Disabilitas di UMSurabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1).
- Soemantri Sujihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Rafika Aditama.
- Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03
- Suryani, N., & Mumpuniarti, M. (2018). Kekuatan Kognitif Siswa Tunagrahita Ringan Terhadap Kegiatan Pembelajaran Keterampilan Budidaya Hortikultura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 101. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5760
- UU RI. (2011). Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) (Issue July).
- Wijaya, H., Rahadi, I., Nahdi, K., Nurmayani, E., Aswasulasikin, A., & Kuswanto, H. (2021). Pengembangan Pembelajaran Discovery Learning Untuk Mahasiswa Disabilitas Tuna Daksa dan Grahita Ringan. Madaniya, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.53696/27214834.67
Referensi
Awalia, H. R. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–16.
Eggen, P. D., & Kauchak, D. (2014). Educational psychology (Vol. 403). Pustaka Pelajar.
Gall M. D., Gall, J. P., Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. Educational An Introduction.
Muzakar, A., Shofa Ilhami, B., Kuswanto, H., Yuliastri, N. A., & Hamzanwadi, U. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Webcourse Untuk mahasiswa Lamban Belajar di PGPAUD Universitas Hamzanwadi. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 446–455. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.5197
Satria Unggul Wicaksana Prakasa, V. R., Lukman Hakim, dan R., & Setiyawan. (2023). Pengembangan Produk Inovasi BIMA Tuktuk bagi Mahasiswa Disabilitas di UMSurabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1).
Soemantri Sujihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Rafika Aditama.
Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03
Suryani, N., & Mumpuniarti, M. (2018). Kekuatan Kognitif Siswa Tunagrahita Ringan Terhadap Kegiatan Pembelajaran Keterampilan Budidaya Hortikultura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 101. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5760
UU RI. (2011). Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) (Issue July).
Wijaya, H., Rahadi, I., Nahdi, K., Nurmayani, E., Aswasulasikin, A., & Kuswanto, H. (2021). Pengembangan Pembelajaran Discovery Learning Untuk Mahasiswa Disabilitas Tuna Daksa dan Grahita Ringan. Madaniya, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.53696/27214834.67