Isi Artikel Utama

Abstrak

Pembelajaran inklusi menjadi sebuah kewajiban bagi peserta didik disabilitas untuk dilaksanakan. Keberadaanya tentu memerlukan adanya perhatian secara khusus. Berdasarkan pertimbangan kebutuhan penyandang disabilitas akan solusi dari hambatan proses pembelajaran praktik untuk layanan perbankan pada mata kuliah Account Officer Customer Services (AOCS), maka dibutuhkan adanya media pembelajaran inovatif dengan menggunakan teknologi. Metode pengembangan ini menggunakan jenis pengembangan Borg & Gall dengan menggunakan 7 tahapan yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan ujicoba serta finalisas. Hasilnya adalah bahwa media pembelajaran menggunakan VR-AOCS yang dikembangkan oleh tim ULD Universitas Muhammadiyah Surabaya di Prodi Perbankan Syariah dapat secara adaptif digunakan oleh mahasiswa disabilitas. Selain itu juga adanya media pembelajaran berupa video yang telah diconverting menjadi virtual reality yang dapat menunjang pembelajaran inovatif.

Kata Kunci

account officer customer services disabilitas slow learner virtual reality

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Fatkur Huda, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Perbankan Syariah FAI UMsurabaya

Referensi

  1. Awalia, H. R. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–16.
  2. Eggen, P. D., & Kauchak, D. (2014). Educational psychology (Vol. 403). Pustaka Pelajar.
  3. Gall M. D., Gall, J. P., Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. Educational An Introduction.
  4. Muzakar, A., Shofa Ilhami, B., Kuswanto, H., Yuliastri, N. A., & Hamzanwadi, U. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Webcourse Untuk mahasiswa Lamban Belajar di PGPAUD Universitas Hamzanwadi. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 446–455. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.5197
  5. Satria Unggul Wicaksana Prakasa, V. R., Lukman Hakim, dan R., & Setiyawan. (2023). Pengembangan Produk Inovasi BIMA Tuktuk bagi Mahasiswa Disabilitas di UMSurabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1).
  6. Soemantri Sujihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Rafika Aditama.
  7. Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03
  8. Suryani, N., & Mumpuniarti, M. (2018). Kekuatan Kognitif Siswa Tunagrahita Ringan Terhadap Kegiatan Pembelajaran Keterampilan Budidaya Hortikultura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 101. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5760
  9. UU RI. (2011). Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) (Issue July).
  10. Wijaya, H., Rahadi, I., Nahdi, K., Nurmayani, E., Aswasulasikin, A., & Kuswanto, H. (2021). Pengembangan Pembelajaran Discovery Learning Untuk Mahasiswa Disabilitas Tuna Daksa dan Grahita Ringan. Madaniya, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.53696/27214834.67

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.