Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan pendampingan kepada guru SLB Karya Bhakti Surabaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran yang tepat dengan metode pembelajaran PAIKEM. Serta, membuat aplikasi Spesical edu yang dapat memudahkan siswa dalam membaca, menulis, dan berhitung yang terintegrasi dengan Augmented Reality untuk mengatasi slow learner. Metode pelaksanaan terdiri dari 5 tahap yaitu tahap persiapan, tahap implementasi, tahap monitoring dan evaluasi, tahap penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan dan tahap keberlanjutan program. Hasil yang ditemukan dalam penerapan aplikasi special edu adalah peningkatan perhatian dan fokus siswa, pemahaman konsep yang lebih baik dan peningkatan interaksi sosial siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 90% mitra merasa sangat puas dan puas terhadap relevansi program. Untuk kualitas penyampaian materi, tingkat pemahaman mitra mencapai 85%. Selain itu, 88% mitra puas dengan kinerja tim di lapangan, dan sebanyak 80% mitra optimis bahwa program ini akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang.

Kata Kunci

bullying empati remaja skenario pengalaman multiperan

Rincian Artikel

Referensi

  1. Faturrokhman, R. (2024). Media pembelajaran interaktif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa di sekolah smk pembangunan. JIP, 2(4), 713–721.
  2. Firdaus, Y., & Madechan, D. (n.d.). Studi deskriptif peran guru pendidik khusus dalam implementasi program kebutuhan khusus bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sdn wonokusumo 1 surabaya.
  3. Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran matematika berintegrasi nilai-nilai keislaman dalam pembentukan karakter siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(1), 29–36. https://doi.org/10.56855/intel.v2i1.143
  4. Indrawati, T. (2016). Pelaksanaan pembelajaran anak tunagrahita implementation of mental retardation children learning. In Pelaksanaan Pembelajaran Anak .... (Titin Indrawati) (Vol. 1).
  5. Marwiyah, S., Syafitri, S., Isratulhasanah, P., Darmawan, H., Fransiska, A., Nurrahmah, S., & Khoirunnisa, K. (2024). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas V B SDN 34/1 Teratai. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 743–750. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2658
  6. Maulidiyah, F. N. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. JURNAL PENDIDIKAN, 29(2). https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
  7. Moh Haikal, R. (2022). Problematika Guru dalam Mengajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SLB Azahra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 643–648. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.622
  8. Neela Afifah. (2022). Pembelajaran anak berkebutuhan khusus studi kasus learning disorder. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.329
  9. Pendidikan, J., Khusus, K., Izmi, W., Al, H., Sukmanasa, E., Irdiyansyah, I., & Artikel, I. (2023). Analisis Gaya Belajar Visual pada Siswa Tunagrahita Kategori Sedang. 7(2), 167–172. https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i2.797
  10. Wulandari, R. (2023). DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN. 09. https://journal.upy.ac.id/index.php/JPI/index

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.