Isi Artikel Utama

Abstrak

Salah satu contoh nyata abad ke-21 adalah penggabungan multimedia ke dalam kegiatan pembelajaran. Cara terbaik untuk mengatasi kekurangan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran pasca-pandemi, adalah dengan menggunakan TIK dalam pendidikan, seperti eksperimen virtual. Salah satu cara teknologi pendidikan dapat yang dapat digunakan untuk memodifikasi dan menampilkan eksperimen secara lengkap adalah melalui eksperimen virtual seperti VLM (Virtual Laboratory Model) merupakan salah satu pemanfaatan teknologi pendidikan yang dapat digunakan untuk memodifikasi serta menampilkan eksperimen secara lengkap. Salah satu contoh VLM yang marak digunakan adalah PhET. Tujuan pengabdian adalah optimalisasi pemanfaatan PHET dalam pembelajaran IPA Fisika bagi Guru-guru IPA SMP Rayon I Siak. Pelaksanaan kegiatan guru- guru SMP Rayon I Siak (Kecamatan Sungai Apit, Sabak Auh, dan Tualang) sebanyak 19 orang. Kegiatan dilaksanakan di SMPN 1 Sungai Apit Kabupaten Siak Provinsi Riau dari tanggal 23-24 September 2022. Pelaksanaan kegiatan teridisi dari 5 bagian yaitu metode pemodelan, pelatihan, simulasi, diskusi dan implementasi. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan keterampilan dan memberikan hasil yang baik ditunjukan dengan hasil angket  dan luaran pengabdian yang tercapai. Hasil angket pelatihan virtual laboratorium PhET memudahkan guru untuk praktikum, efektif efisien dan bermanfaat dalam pembelajaran IPA Fisika.

Kata Kunci

fisika pembelajaran virtual laboratory

Rincian Artikel

Referensi

  1. Defianti, A., Hamdani, D., & Syarkowi, A. (2021). Penerapan Metode Praktikum Virtual Berbasis Simulasi Phet Berbantuan Guided-Inquiry Module Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konten Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 47. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33288
  2. Diraya, I., Budiyono, A., Triastutik, M., Madura, I., Ponpes, J., Ulum, M., & Pamekasan, B. (2021). Contribution of Virtual Lab Phet Simulation to Help Basic Physics Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum. Jurnal Phenomenon, 11(1), 45–56.
  3. Fauza, N. (2021). Student ’ s Perception in Virtual Experiment using PheT Simulation.
  4. Fauza, N., Ernidawati, E., & Syaflita, D. (2020). Difficulty Analysis of Physics Students in Learning Online During Pandemic Covid-19. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 49. https://doi.org/10.31258/jgs.8.1.49-54
  5. Guru, K. (2022). English Teachers ’ Readiness In Ict Applications For 21 St Century Learning English Lecturer , Universitas Lancang Kuning , Pekanbaru , Indonesia Abstrak. 6(1), 20–30. https://doi.org/10.35931/am.v61.835
  6. Ida Puspita. (2020). PhET Aplication Program: Strategi Penguatan Pemahaman Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Radiasi Benda Hitam melalui Percobaan Berbantu Lab Virtual dan Media Sosial. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-07
  7. Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
  8. Mahardika, H. C., Ismawati, R., & Rahayu, R. (2022). Penerapan lkpd berbantuan simulasi phet untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPA peserta didik SMP. 39, 61–69.
  9. Nasir, M., Ma, Z., & Pekanbaru, D. I. S. (2017). Application of Virtual Simulation Media To Increasing Mastery of Concept Dynamic Electric Through Contextual Learning in Sman 4 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1–10.
  10. Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80.
  11. Ramadhani, P., Farma, S. A., Fuadiyah, S., & Yogica, R. (2021). Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa. Prosiding SEMNAS BIO 2021 Universitas Negeri Padang, 1, 791–798.
  12. Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
  13. Sari, W. P., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 995–1000. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.437
  14. Smp, V. I. I., Dua, N., & Kalosi, P. (2022). Jurnal ipa terpadu. 6(1), 102–108.
  15. Zahara, S. R., & Rahwanto, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology ( Phet ) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis. 03(01), 251–258.

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.