Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penanaman nilai-nilai multikultural, yang meliputi nilai toleransi, persatuan, kekerabatan, dan keadilan, kepada siswa melalui media Virtual Reality (VR) di SD Muhammadiyah 18 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan 6 yang berjumlah 60 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VR dalam pembelajaran nilai-nilai multikultural dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang toleransi, persatuan, kekerabatan, dan keadilan. Melalui pengalaman imersif yang diberikan oleh VR, siswa dapat merasakan langsung situasi dan kondisi berbagai budaya, yang memperkaya wawasan mereka dan menumbuhkan sikap inklusif. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran berbasis VR sangat positif, dengan mayoritas siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai multikultural berbasis VR efektif dalam meningkatkan kesadaran multikultural siswa di SD Muhammadiyah 18 Surabaya. Implementasi teknologi VR dalam pembelajaran diharapkan dapat menjadi model inovatif dalam pendidikan nilai-nilai multikultural di Indonesia.


Kata Kunci: nilai-nilai multikultural, media pembelajaran virtual reality

Kata Kunci

Virtual reality multikulturalisme

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abdi, H. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram untuk meningkatkan pemahaman multikultural. Featured Research 211 SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 9(1), 211–218. https://doi.org/10.23916/084868011
  2. Ahadi, M. R., & Sugiarto, F. (2024). Indonesian Society and Religion Research PENGEMBANGAN KESADARAN MULTIKULRAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : PERSPEKTIF MEMBENTUK GENERASI TANGGUH DI ERA SOCIETY 5.0. https://ccg-edu.org/index.php/isah78
  3. Asyiah Siregar, N., Harahap, N. R., & Harahap3, H. S. (2023). HUBUNGAN ANTARA PRETEST DAN POSTEST DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B DI MTS ALWASHLIYAH PANTAI CERMIN (Vol. 07, Issue 01).
  4. Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
  5. Fitri, F., Wahyuningsih, R., Pascasarjana, F., & Raden Mas Said Surakarta, U. (2024). AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam dan Budaya Vol XX, No XX (20XX) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENGATISIPASI PROMBLEMATIKA SOSIAL DI ERA DIGITAL. https://ejournal.stais.ac.id/index.php/trq
  6. Jumiratul Hasanah, Dian Miranda, Siska Perdina, & Lukmanulhakim. (2024). Pengembangan Pembelajaran Immersive Virtual Reality Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengenal Rumah Ibadah Agama Hindu. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 489–501. https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.570
  7. Kurniawati, N., Sofarini, A., Handayani, T., Kamilah, A., & Mulyana, A. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY DALAM PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIPANAS. Abdimas Siliwangi, 5(2), 387. https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9908
  8. Latifah, A. N., Dewi, A., Furnamasari, Y. F., Kunci, K., Toleransi, :, & Sekolah, A. U. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi pada Anak Usia Sekolah di Indonesia: Negeri Multikultural The Importance of Fostering Tolerance in School-Age Children in Indonesia: A Multicultural Country (Vol. 6, Issue 1).
  9. Ningtyas, D. W. (2024). PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. 4(3), 2024. https://doi.org/10.17977/um067.v4.i3.2024.3
  10. Rasyid, A. R., & Raffli, A. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM KONTEKS PANCASILA DI MASYARAKAT.

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.