Isi Artikel Utama

Abstrak

Upaya penjualan produk UMKM pasca panedemi Covid-19 harus dilakukan untuk kembali menggerakkan roda ekonomi. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu pihak UMKM Sabilulungan Kecamatan Dramaga dalam meningkatkan kembali omset dari penjualan produk yogurtnya. Metode yang dilakukan meliputi metode wawancara pada pihak UMKM dan pengisian kuisioner oleh konsumen yang membeli produk yogurt pada saat kegiatan bazar Jubaeda di Universitas Djuanda. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa UMKM Sabilulungan kembali bersemangat dalam memproduksi dan menjual produknya ke pasaran pasca panemi Covid-19. Selain itu, hasil pengisian kuisioner menunjukkan bahwa produk yogurt ini memiliki potensi penjualan yang lebih baik di masa yang akan datang. Hal ini tercermin dari hasil kuisioner yang menunjukkan produk disukai oleh konsumen dan konsumen menyatakaningin kembali membeli produk yogurt UMKM Sabilulungan di masa yang akan datang.

Kata Kunci

bazar Jubaeda pengabdian usaha UMKM yogurt

Rincian Artikel

Referensi

  1. Al-Baari, A. N. (2016). Teknik Pembuatan Fruity Powder Yogurt. Indonesian Food Technologists.
  2. Arifin, M. Z., Maharani, S., & Widiaputri, S. I. (2020). Uji sifat fisiko kimia dan organoleptik minuman yoghurt Ngeboon Panorama Indonesia. Edufortech, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.17509/edufortech.v5i1.23924
  3. Ayuningtyas, C. E., Waluyo, & Susetyowati. (2018). Pengaruh penambahan sari buah jambu biji (Psidium guajava L.) terhadap sifat organoleptik yoghurt tempe. Jurnal Dunia Gizi, 1(2), 112–118. https://ejournal.helvetia.ac.id/jdg
  4. Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian ekonomi nasional akibat pandemi covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92
  5. Ihza, K. N. (2020). Dampak covid-19 terhadap usaha mikro kecil dan menengah (umkm) (studi kasus umkm ikhwa comp desa watesprojo, kemlagi, mojokerto). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1325–1330.
  6. Junaedi, D., & Salistia, F. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap pertumbuhan ekonomi negara-negara terdampak. Simposium Nasional Keuangan Negara, 995–1115.
  7. Kemdikbud. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.
  8. Mudmainah, S., & Wakhyudi, Y. (2019). Analisis pendapatan usaha kecil dan menengah yogurt sehati purwokerto. Habitat, 30(1), 16–25. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2019.030.1.3
  9. Obi, C. N., Olugbue, V. U., & Mpamugo, C. P. (2016). Yoghurt production from powdered milk using mixed lactic acid bacteria starter cultures. Saudi Journal of Pathology and Microbiology, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.21276/sjpm.2016.1.2.3
  10. Paramitha, C. V. (2016). Proses produksi dan pengawasan mutu yogurt pada cv. cita nasional salatiga.
  11. Prasetyo, H. (2010). Pengaruh penggunaan starter yogurt pada level tertentu terhadap karakteristik yogurt yang dihasilkan. Universitas Sebelas Maret.
  12. Putra, A. H. (2016). Peran umkm dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52. https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162
  13. Rohmayanti, T., Fitrilia, T., Kurniawan, M. F., Hapsari, D. R., & Rifqi, M. (2020). Pemberdayaan masyarakat kampung carangpulang di bidang manajemen produksi halal pada umkm yogurt sabilulungan di masa covid-19. Prosiding Seminar Nasional Universitas Djuanda 2021, 1–5.
  14. Suryani, E. (2021). Analisis dampak covid-19 terhadap umkm (studi kasus: home industri klepon di kota baru driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1591–1596.
  15. Suter, I. K. (2013). Pangan fungsional dan prospek pengembangannya. Seminar Sehari Pentingnya Makanan Alamiah (Natural Food) Untuk Kesehatan Jangka Panjang, 1–17.