Isi Artikel Utama
Abstrak
SDN 1 Ngendut merupakan salah satu sekolah dasar di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. SDN 1 Ngendut merupakan salah satu sekolah dasar dalam kategori 3T, karena tidak adanya fasilitas yang memadai untuk menunjang belajar siswa baik dalam aspek literasi dan numerasi maupun adaptasi teknologi. Sekolah dasar ini dipilih sebagai sasaran karena kondisi dan keberadaannya di kawasan tertinggal yang mana sekolah dengan kondisi tersebut merupakan sasaran prioritas nasional. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah: 1. Mengenalkan bantuan kepada guru untuk melaksanakan kegiatan mengajar dengan mengimplementasikan aspek literasi dan numerasi. 2. Memberikan edukasi terkait adaptasi teknologi kepada siswa-siswi SDN 1 Ngendut dengan memberikan pendampingan dan pelatihan computer. Metode yang dilakukan meliputi Survey, Penyusunan program, Realisasi program, Pendampingan, Monitoring dan Evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 1 Ngendut, peningkatan kemampuan guru dalam mengimplementasikan aspek literasi dan numerasi di kelas. Peningkatan skill terhadap adaptasi teknologi baik untuk siswa maupun guru.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Ayuningtias, Praditas Aliffia, Delia Devalry Karine, Riska Alpianti Wulandari, and Dwi Novita Sari. 2021. “Pendampingan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Al-Furqon Di Masa Pandemi Covid-19.” In Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: V (November 2021), Bandung: UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 136–53. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings.
- Ayuningtyas, Nurina, and Dewi Sukriyah. 2020. “Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru.” Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 9(2): 237–47.
- Dewi, Made Sri Astika, and Nyoman Ayu Putri Lestari. 2020. “E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(3): 433–41.
- Ernawati, Iis. 2017. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 2(2): 204–10.
- Faiz, Aiman. 2022. “Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di Sdn 1 Semplo.” Jurnal Lensa Pendas 7(1): 58–66.
- Fitrianita, Titi, and Slamet Thohari. 2022. “APelatihan Pembuatan Konten Kreatif Bagi Disable Motorcycled Indonesia (DMI) Kota Malang.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(4): 501–8.
- Kurniawan, Agung Rimba et al. 2019. “Peranan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar The Role Of The Reading Corner In FosteringElementary School Students ’ Interest In Reading.” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3(2): 48–57.
- Lechner, Clemens M., Britta Gauly, Ai Miyamoto, and Alexandra Wicht. 2021. “Stability and Change in Adults’ Literacy and Numeracy Skills: Evidence from Two Large-Scale Panel Studies.” Personality and Individual Differences 180(May): 110990. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110990.
- Pambudi, Dhidhi, Arum Nur Wulandari, and Sutopo. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru SD Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi 2(5): 371–76.
- Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari. 2021. “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar.” Absis: Mathematics Education Journal 3(1): 9.
- Primiani, Cicilia Novi et al. 2022. “Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Literasi 2(2): 605–14.
- Suswandari, Meidawati. 2018. “Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Dikdas Bantara 1(1): 20–32.
- Utami, Yulia Budi. 2019. “Media Audiovisual Praktikum Mikrobiologi Berbasis Produksi VCO (Virgin Coconut Oil) Dengan Pengaruh Jenis Dan Konsentrasi Ragi.” : 179–82.
Referensi
Ayuningtias, Praditas Aliffia, Delia Devalry Karine, Riska Alpianti Wulandari, and Dwi Novita Sari. 2021. “Pendampingan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Al-Furqon Di Masa Pandemi Covid-19.” In Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: V (November 2021), Bandung: UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 136–53. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings.
Ayuningtyas, Nurina, and Dewi Sukriyah. 2020. “Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru.” Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 9(2): 237–47.
Dewi, Made Sri Astika, and Nyoman Ayu Putri Lestari. 2020. “E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(3): 433–41.
Ernawati, Iis. 2017. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 2(2): 204–10.
Faiz, Aiman. 2022. “Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di Sdn 1 Semplo.” Jurnal Lensa Pendas 7(1): 58–66.
Fitrianita, Titi, and Slamet Thohari. 2022. “APelatihan Pembuatan Konten Kreatif Bagi Disable Motorcycled Indonesia (DMI) Kota Malang.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(4): 501–8.
Kurniawan, Agung Rimba et al. 2019. “Peranan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar The Role Of The Reading Corner In FosteringElementary School Students ’ Interest In Reading.” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3(2): 48–57.
Lechner, Clemens M., Britta Gauly, Ai Miyamoto, and Alexandra Wicht. 2021. “Stability and Change in Adults’ Literacy and Numeracy Skills: Evidence from Two Large-Scale Panel Studies.” Personality and Individual Differences 180(May): 110990. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110990.
Pambudi, Dhidhi, Arum Nur Wulandari, and Sutopo. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru SD Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi 2(5): 371–76.
Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari. 2021. “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar.” Absis: Mathematics Education Journal 3(1): 9.
Primiani, Cicilia Novi et al. 2022. “Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Literasi 2(2): 605–14.
Suswandari, Meidawati. 2018. “Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Dikdas Bantara 1(1): 20–32.
Utami, Yulia Budi. 2019. “Media Audiovisual Praktikum Mikrobiologi Berbasis Produksi VCO (Virgin Coconut Oil) Dengan Pengaruh Jenis Dan Konsentrasi Ragi.” : 179–82.