Pengaruh Beban Kerja Individu, Beban Kerja Organisasi, dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Bank Sinarmas Klaten)

Retno Tri Vulandari

Abstract

Dunia perbankan merupakan dunia kerja yang memiliki beban yang besar, beban kerja bukan hanya ditimbulkan oleh individu tetapi juga dari organisasi serta pemimpin. Beban kerja yang semakin tinggi akan mempengaruhi kinerja masing-masing karyawan. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan analisa pengaruh beban kerja individu, organisasi, dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan, seberapa besar pengaruh kebijakan organisasi terhadap kinerja karyawan, seberapa besar pengaruh sikap kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, dan seberapa besar ketiganya mempengaruhi kinerja karyawan. Subjek penelitian ini adalah 60 karyawan Bank Sinar Mas wilayah Klaten. Hasil penelitian sebesar 76,2% kinerja karyawan dipengaruhi oleh beban kerja individu, beban kerja organisasi, dan kepemimpinan.

Keywords

analisa pengaruh; regresi linier ganda

References

Ghozali, I. (2009). Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, I. (2007). Organisasi: Proses Struktur Perilaku Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Lazarus, Y. (2008). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sasono, E. (2004). Mengelola Beban Kerja. Jurnal Fokus Ekonomi Vol 3 No 2, 134 - 142.

Soemalijah, S. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2005). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i2.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.