FKIP UMSurabaya

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS

Muhamad Erik Setiadi, Muhammad Abdul Ghofur

Sari

Dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik pada materi Bank sentral dan  sistem pembayaran maka penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa mobile learning berbasis android. Media dibangun dengan pendekatan kontekstual yang dianggap lebih sesuai dengan peserta didik. Research and Development mengadaptasi model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, & Dissiminate). Uji coba secara terbatas menggunakan subyek penelitian 20 peserta didik. Hasil uji coba yang diperoleh melalui perbandingan pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan gain score dan uji beda. Uji ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Media yang dikembangkan telah selesai dan siap diujicobakan pada subyek yang lebih luas untuk memperbaiki kelemahan atau menambah fitur yang dibutuhkan.

Kata Kunci

Mobile Learning; Berbasis Android; Pendekatan kontekstual; Bank Sentral; Sistem Pembayaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Education, 3(1), 01–09.

Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 36–48.

Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, I(1), 1–9.

Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v6.1.20094

Budiwati, N., & Permana, L. (2010). Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Clarke, D., & Roche, A. (2017). Using contextualized tasks to engage students in meaningful and worthwhile mathematics learning. Journal of Mathematical Behavior, (November 2016), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2017.11.006

Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu pembelajaran klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Fathoni, M. I., & Marpanaji, E. (2018). Pengembangan E-Book Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Smk Kelas X. 5(1), 70–81.

Ghofur, M. A., & Wahjoedi, W. (2018). Preferensi Sumber Belajar Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(1), 105–114. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n1.p105-114

Hwang, G., Chiu, L., & Chen, C. (2015). Computers & Education A contextual game-based learning approach to improving students ’ inquiry-based learning performance in social studies courses. Computers & Education, 81, 13–25. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.09.006

Jaafar, W. A., & Nur, S. (2009). Applying virtual rehearsal principle in developing a persuasive multimedia learning environment (PMLE). Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 5857 LNCS, 427–435. https://doi.org/10.1007/978-3-642-05036-7_40

Jumaat, N. F., & Tasir, Z. (2014). Instructional Scaffolding in Online Learning Environment : A Meta-analysis Instructional Scaffolding in Online Learning Environment : A Meta-Analysis. International Conference on Teaching and Learning in Computing and Enginering, (April). https://doi.org/10.1109/LaTiCE.2014.22

Kim, J. H., & Park, H. (2019). Effects of Smartphone-Based Mobile Learning in Nursing Education : A Systematic Review and Meta-analysis. Asian Nursing Research, 13(1), 20–29. https://doi.org/10.1016/j.anr.2019.01.005

Laurillard, D. (2012). Teaching as a Design Science: Building Pedagogical Patterns for Learning and Technology. Routledge.

Maksum, A. (2008). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: FIK Unesa Press.

Martini, N. K., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition ( Air ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 295–304.

Miyarso, Y. (2013). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Musahrain, Suryani, N., & Suharno. (2017). Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 125–131. Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret.

Nurhadi, Yasin, B., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurhairunnisah, & Sujarwo. (2018). Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sma Kelas X. 5(2), 192–203. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Purbasari, M., & Jakti, R. . D. R. I. K. (2014). Warna Dingin Si Pemberi Nyaman. Jurnal Humaniora, 5(1), 1–549.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadia, I. W. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Kontruktivistik. Singaraja: Graha Ilmu.

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2009). Media Pedidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Peneitian dan Pengembangan (Research anda Development/R&D) (S. Y. Suryandari, ed.). Bandung: CV Alfabeta.

Thiangarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnespolis,. Minnesota: Leadership Training Institute/Social Education, University of Minnesota.

Trianto. (2012). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Willemse, J. J., Jooste, K., & Bozalek, V. (2018). Experiences of undergraduate nursing students on an authentic mobile learning enactment at a higher education institution in South Africa. Nurse Education Today, 74, 69–75. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.11.021

Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i3.5187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.