Humanism merupakan jurnal pengabdian masyaraka multidisiplin ilmiah. Jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya ini diharapkan menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian kalangan akdemisi ataupun peneliti.

Artikel yang dimuat dalam jurnal humanism berbentuk pengabdian masyarakat dengan basis penelitian seperti Participatory Action Research, Riset berbasis kemasyarakatan yang mengutamakan pada pengembangan masyarakat baik berupa layanan pembelajaran, pelatihan, atau pemberdayaan.

Artikel pada jurnal ini bertujuan untuk menyebarkan ide dan pemikiran konseptual dari hasil penelitian yang telah dilakukan di masyarakat. Ide dan pemikiran konseptual sebaiknya dapat menyelesaikan permasalahan terkait dengan layanan masyrakat. Artikel dalam jurnal dapat berisi tentang kegiatan pelayanan masyarakat dalam menangani berbagai masalah dan potensi yang ada. Aktivitas pelayanan diharapkan juga melibatkan masyarakat terkait dan mitra. Kegiatan pelayanan yang tertulis dalam jurnal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan diorganisasi oleh peniliti berkerjasama dengan mitra.

Jurnal ini akan terbit tiga kali setahun bulan April, Agustus, dan September.