PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, PROFITABILITY DAN DEBT COVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING (PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Penulis

  • Wahyu Mas Bayu Anggah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”Jawa Timur
  • Anik Yuliati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v4i1.22532

Kata Kunci:

Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant, Profitability, Transfer Pricing

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Profitability dan Terhadap Debt Covenant Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2022. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan perolehan 17 perusahaan. Data dianalisis dan diuji menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan Pajak mampu memberikan kontribusi terhadap Transfer Pricing, Tunneling Incentive mampu memberikan kontribusi terhadap Transfer Pricing. Sedangkan Profitability belum mampu memberikan kontribusi terhadap Transfer Pricing. Begitu juga, Debt Covenant belum mampu memberikan kontribusi terhadap Transfer Pricing.

Referensi

Adelia, M., & Santioso, L. (2021). Pengaruh Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Exchange Rate Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Multiparadigma Akuntansi.

Andayani, A. S., & Sulistyawati, A. I. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Good corporate Governance (GCG) dan Mekanisme Bonus terhadap Indikasi Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur. 18(1), 1–9.

Ayshinta, Patriot Jaya et al. 2019. “Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing.” Jurnal Eksplorasi Akuntansi 1(2):572–88. doi: 10.24036/jea.v1i2.96.

Fujianiti, L., Nelyumma, Trirahayu, D., Shahimi, S., Yasa, R. R. P., & Rahmah, S. F. (2021). the Role of Good Corporate Governance (Gcg) on Transfer Pricing : a Comparative Study of Indonesia and Malaysia.

Hartika, W., & Rahman, F. (2020). Pengaruh Beban Pajak dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(3), 551–558.

Hidayat, W. et al. 2019. “Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-1017.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen (JIAM) 15(1):235–40.

Indrasti, A. W. (2016). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Bonus Plan dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Profita, 9(3), 348–371.

Iriani, F. S. (2021). Pengaruh pajak penghasilan, tunneling incentive, debt covenant dan exchange rate terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017-2019. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, 07(01), 7–16.

Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak, Tunnneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 63. https://doi.org/10.20473/baki.v3i2.9969

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behaviour, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 72(3(4)), 305–360.

Junaidi, A., & Yuniarti. Zs, N. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant Dan Profitabilitas Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3(1), 31–44. https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i1.530

Khotimah, S. K. (2018). Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Dalam Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Ekobis Dewantara.

Lukmono, M. E. R. (2020). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Marfuah, S., Nurlaela, S., & Wijayanti, A. (2019). Beban Pajak, Nilai Perusahaan Dan Exchange Rate Dan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Ekonomi Paradigma, 21(01), hal. 73-81.

Mulyaningrum, M., & Asalam, A. G. (2021). Pengaruh Pajak, Profitabilitas dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing. E-Proceeding Telkom University Open Library.

Noviastika, D., Mayowan, Y., & Karjo, S. (2016). Pengaruh pajak, tunneling incentive dan good corporate governance (gcg) terhadap indikasi melakukan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (studi pada bursa efek indonesia yang berkaitan dengan perusahaan asing). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8(1), 2016.

Nuzul, P. A., & Amin, M. N. (2023). Pengaruh Pajak, Leverage, Profitabilitas, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Ekonomi Trisakti.

Pratiwi, B., Wardani, D. K., & Erawati, T. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Dan Leverage Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(2), 1–13.

Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. JOM Fekon, 4(1), 543–555.

Rosa, R., Andini, R., & Raharjo, K. (2017). PENGARUH PAJAK, TUNNELING INSENTIVE, MEKANISME BONUS, DEBT COVENANT DAN GOOD CORPERATE GORVERNANCE (GCG) TERHADAP TRANSAKSI TRANSFER PRICING ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 – 2015 ). Journal Of Accounting, 3.

Saraswati, G. A. R. S., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi, 19(2), 1000–1029.

Stephanie, Sistomo, & Simanjuntak, R. P. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Fundamental Management Journal Online, 2(1), 63–69.

Watts, R. L., dan J. L. Zimmerman. 1986. “Positive Accounting Theory: A Ten Year Perspective.” The Accounting Review 65(1):131–56.

Wijaya, I., & Amalia, A. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Good Corporate Governance Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Profita, 13(1), 30. https://doi.org/10.22441/profita.2020.v13i1.003

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-02