PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, PROFITABILITY DAN DEBT COVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING (PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Authors

  • Wahyu Mas Bayu Anggah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”Jawa Timur
  • Anik Yuliati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v4i1.22532

Keywords:

Tax, Tunneling Incentive, Debt Covenant, Profitability, Transfer Pricing

Abstract

This study aims to examine the influence of Tax, Tunneling Incentive, Profitability and Debt Covenant on Transfer Pricing in the Manufacturing Companies in the Food and Beverage Sub-Sector listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2018 – 2022. This research is descriptive research with a quantitative approach. The research sample was taken using a purposive sampling technique with the acquisition of 17 companies. The data was analyzed and tested using Statistical Product and Service Solution (SPSS) Version 26. The results of this research show that Tax is able to contribute to Transfer Pricing, Tunneling Incentive is able to contribute to Transfer Pricing. Meanwhile Profitability has not been able to contribute to Transfer Pricing. Similarly, Debt Covenant has not been able to contribute to Transfer Pricing.

References

Adelia, M., & Santioso, L. (2021). Pengaruh Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Exchange Rate Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Multiparadigma Akuntansi.

Andayani, A. S., & Sulistyawati, A. I. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Good corporate Governance (GCG) dan Mekanisme Bonus terhadap Indikasi Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur. 18(1), 1–9.

Ayshinta, Patriot Jaya et al. 2019. “Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing.” Jurnal Eksplorasi Akuntansi 1(2):572–88. doi: 10.24036/jea.v1i2.96.

Fujianiti, L., Nelyumma, Trirahayu, D., Shahimi, S., Yasa, R. R. P., & Rahmah, S. F. (2021). the Role of Good Corporate Governance (Gcg) on Transfer Pricing : a Comparative Study of Indonesia and Malaysia.

Hartika, W., & Rahman, F. (2020). Pengaruh Beban Pajak dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(3), 551–558.

Hidayat, W. et al. 2019. “Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-1017.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen (JIAM) 15(1):235–40.

Indrasti, A. W. (2016). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Bonus Plan dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Profita, 9(3), 348–371.

Iriani, F. S. (2021). Pengaruh pajak penghasilan, tunneling incentive, debt covenant dan exchange rate terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017-2019. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, 07(01), 7–16.

Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak, Tunnneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 63. https://doi.org/10.20473/baki.v3i2.9969

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behaviour, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 72(3(4)), 305–360.

Junaidi, A., & Yuniarti. Zs, N. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant Dan Profitabilitas Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3(1), 31–44. https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i1.530

Khotimah, S. K. (2018). Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Dalam Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Ekobis Dewantara.

Lukmono, M. E. R. (2020). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Marfuah, S., Nurlaela, S., & Wijayanti, A. (2019). Beban Pajak, Nilai Perusahaan Dan Exchange Rate Dan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Ekonomi Paradigma, 21(01), hal. 73-81.

Mulyaningrum, M., & Asalam, A. G. (2021). Pengaruh Pajak, Profitabilitas dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing. E-Proceeding Telkom University Open Library.

Noviastika, D., Mayowan, Y., & Karjo, S. (2016). Pengaruh pajak, tunneling incentive dan good corporate governance (gcg) terhadap indikasi melakukan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (studi pada bursa efek indonesia yang berkaitan dengan perusahaan asing). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8(1), 2016.

Nuzul, P. A., & Amin, M. N. (2023). Pengaruh Pajak, Leverage, Profitabilitas, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Ekonomi Trisakti.

Pratiwi, B., Wardani, D. K., & Erawati, T. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Dan Leverage Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(2), 1–13.

Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. JOM Fekon, 4(1), 543–555.

Rosa, R., Andini, R., & Raharjo, K. (2017). PENGARUH PAJAK, TUNNELING INSENTIVE, MEKANISME BONUS, DEBT COVENANT DAN GOOD CORPERATE GORVERNANCE (GCG) TERHADAP TRANSAKSI TRANSFER PRICING ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 – 2015 ). Journal Of Accounting, 3.

Saraswati, G. A. R. S., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi, 19(2), 1000–1029.

Stephanie, Sistomo, & Simanjuntak, R. P. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Fundamental Management Journal Online, 2(1), 63–69.

Watts, R. L., dan J. L. Zimmerman. 1986. “Positive Accounting Theory: A Ten Year Perspective.” The Accounting Review 65(1):131–56.

Wijaya, I., & Amalia, A. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Good Corporate Governance Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Profita, 13(1), 30. https://doi.org/10.22441/profita.2020.v13i1.003

Published

2024-06-02