Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Else merupakan jurnal ilmiah yang membahas tentang perkembangan keilmuan, pendidikan dan pembelajaran untuk sekolah dasar yang dikelolah oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSurabaya.

Jurnal ini berfokus pada hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh akademisi internal dan eksternal UMSurabaya, terutama pada kajian lima bidang studi di sekolah dasar, pengembangan pendidikan dan evaluasi di sekolah dasar.

Proses Peer Review

Proses Tinjauan Sejawat

Ada tiga langkah utama dalam memeriksa atau mereview naskah yang diserahkan oleh penulis ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.


Langkah pertama:
Editor melakukan pemeriksaan awal plagiarisme oleh Turnitin. Naskah dengan kemiripan 20% ke atas secara otomatis akan ditolak. Sedangkan naskah bebas plagiarisme atau kesamaan di bawah atau sama dengan 20% akan dilanjutkan ke tahap pemeriksaan desain penelitian. Naskah yang menyajikan desain penelitian yang baik akan langsung didahului ke tahap peer-review. Sebaliknya, naskah yang tidak menyajikan desain penelitian yang baik akan langsung ditolak.

Tahap kedua:
Editor mendistribusikan naskah kepada reviewer. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar menggunakan Double-Blind Peer Review. Oleh karena itu, sebelum mengirimkan ke reviewer, editor menghapus identitas penulis, seperti nama, email, dan afiliasi. Reviewer memeriksa isi naskah menggunakan form review yang telah disediakan di website jurnal melalui login khusus untuk reviewer. Mereka memberikan rekomendasi hasil naskah kepada editor dalam jenis keputusan, yaitu naskah diterima, direvisi, atau ditolak yang harus disertai dengan alasannya. Jika dua reviewer memberikan keputusan yang berbeda, editor akan menambahkan satu reviewer lain sebagai pendukung.

Langkah Ketiga:
Editor mengirimkan hasil review reviewer kepada penulis. Jika naskah harus direvisi, tetapi penulis tidak merevisi dan memberikan tanggapan, naskah akan ditolak. Di sisi lain, jika naskah diterima, penulis harus bersedia artikel mereka dilanjutkan ke tahap proofreading akhir. Jika manuskrip yang direvisi masih mengandung revisi besar, maka akan dikembalikan ke reviewer; jika mengandung revisi kecil, editor akan memeriksa dan memutuskan keputusan akhir. Selama proses review, tidak ada komunikasi antara penulis dan reviewer. Komunikasi hanya dilakukan antara editor dan penulis. Untuk setiap keputusan yang dibuat, penulis berhak mendapatkan rasionalisasi yang jelas.

Dalam melakukan proses review, editor dan reviewer mengacu pada Pedoman ETIKA COPE untuk Peer Reviewer.

Frekuensi Penerbitan

Jurnal ini terbit dalam satu tahun sebanyak dua kali yaitu pada bulan Agustus dan Februari.

Kebijakan Open Access

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

Sponsors

  • UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA