Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Etika Dan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar

Fauziah Aini (1), Zaka Hadikusuma Ramadhan (2)
(1) Universitas Islam Riau, Indonesia,
(2) Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstrak

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter, keterampilan, dan pengetahuan individu, memungkinkan mereka untuk mengatasi berbagai tantangan dalam kehidupan. Dalam konteks ini, guru berperan penting dalam pengembangan nilai etika dan moral peserta didik. Guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi pelajaran, tetapi juga sebagai panutan yang menginspirasi dan membimbing siswa melalui contoh perilaku yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan memperjelas peran guru dalam memfasilitasi perkembangan etika dan moral peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif naratif. Penelitia ini menggunakan metodologi analisis data yang terdiri dari beberapa langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tiga teknik yang digunakan dalam pengumpulan data : observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian, guru berperan penting dalam memfasilitasi pengembangan etika dan moral peserta didik melalui interaksi sehari-hari dan aktivitas pembelajaran di sekolah. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi dasar atau pertimbangan untuk mengembangkan kebijakan pendidikan yang lebih fokus pada peran guru dalam membentuk karakter dan moral siswa di lingkungan sekolah. Implikasi ini mencakup upaya untuk meningkatkan peran dan dukungan terhadap guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai etika dan moral dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari di sekolah.


Kata Kunci: Peran Guru; Nilai Etika; Moral

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271

Amiruddin, & Fahmi, Z. (2022). Peran Guru Sebagai Motivator Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Anggraini, L. D., Yulianti, M., Faizah, N. S., & Pandiangan, B. P. A. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Araniri, N., Kunci, K., Guru, K., & Islam, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru Agama Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. 4(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3552011

Arfandi, & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (Vol. 5, Issue 2).

Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peran Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal Research and Education Studies, 3. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir

Elly, R., Aini, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Unsyiah Banda Aceh mislina, P. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Di SD Negeri Lampeuneurut. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah (Vol. 1, Issue 1).

Faishol, R., Fadlullah, M. E., Hidayah, F., Fanani, A. A., & Silvia, Y. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTs An-Najahiyyah. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (JPPKn) (Vol. 6).

Fanny Angelika, T., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SD Negeri Cengkareg Timur 15 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. http://ejournal-revorma.sch.id

Fitriani Basri, & Sahib, H. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8).

Hasan, M., Harahap, T.K., Hasibuan, S., Rodliyah, L., Thalhah, S. Z., Rakhman, C.U., Ratnaningsih, P.W., Inanna., Mattunruang, A.A., Herman., Nursaeni., Yusriani., Nahriana., Silalahi, D.E., Hasyim, S.H., Rahmat, A., Ulfah, Y.F., dan Arisah, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Tahta Media Group.

Hidayat, M. R. A. N., & Naila, I. (2022). Analisis Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV Masa PPKM. J-SES: Journal of Science, Education and Studies, 1(2).

Ikmal Hepi, Mumtahana Lusia, & Fiarliriyadi Budiantoro Mohammad. (2022). Peranan Guru Dalam Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Roudlatul Muta’abbidin Lamongan. Jurnal Al-Murabbi. https://doi.org/10.35891/amb.v7i2.2912

Kandiri, & Arfandi. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6.

Khaerunnisa, S. (n.d.). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial.

Kiki Yestiani, D., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Lulu Savitri I. Lumuan1 Asmun Wantu2 Udin Hamim3. (2023). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17924

Lutfia, D. (2014). Pengaruh Outbound Terhadap Kecerdasan Moral Anak Skolah Dasar. https://doi.org/10.24036/rapun.v5i2.6627

Marsen C, N. S. , I. M., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 49. https://doi.org/10.29210/02928jpgi0005

Meri, E. G., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar (Vol. 4).

Munawir, Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Nafisah Nor Saumi, Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Naila, I., Kusumajanti, W., & Anggraini, A. E. Ethnoscience and Web-based Learning Media to Maintain Cultural Awareness in Science Classroom: An Exploratory Sequential Study. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 16(2), 199-212.

Naila, I. (2023). EVALUASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI UNTUK SD/MI.

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru sebagai Teladan dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.349

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 2, Issue 3). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity

Rezekieli Zebua1, M. J. G. V. E. G. J. H. T. S. (2024). Pengaruh Etika Moral dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Prodi Manajemen Informasi Kesehatan STIKes Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS (Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat), 3. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i1.1035

Sa’adah, N., Sholihah, M., Mutmainah, S., & Arofah, N. L. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Di Mi Islamiyah Kedungmegarih (Vol. 1, Issue 2).

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru

Sumo, M., & Koryataini, L. (2023). Peran Guru dalam Membangun Etika Peserta Didik. Al-Abshar: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 119–141. https://doi.org/10.58223/al-abshar.v2i1.69

Waluny, A., Fakhriah Nazihah P, A., Nirwana, A., & Wulandari, S. (2024). Pera Guru Kelas Dalam Menangani Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

Widayati, S. (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa.

Penulis

Fauziah Aini
fauziahaini1803@gmail.com (Kontak utama)
Zaka Hadikusuma Ramadhan
Aini, F., & Ramadhan, Z. H. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Etika Dan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.23220

Rincian Artikel