Pengaruh Kemampuan Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 8 Tarakan

Alfian Mucti (1), Nurmala R (2)
(1) Universitas Borneo Tarakan, North Kalimantan, Indonesia,
(2) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh number sense terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 8 Tarakan sehingga guru dapat merencanakan pembelajaran dari karakteristik number sense yang mereka miliki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP N 8 Tarakan sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dimana kemampuan number sense siswa sebagai X dan hasil belajar matematika siswa sebagai Y. dari hasil penelitian diperoleh model persamaan linier regresi sederhana 14Y=4,003+0,22 X  dimana jika kemampuan number sense siswa nol maka hasil belajar matematika siswa 4,003 sedangkan jika kemampuan number sense meningkat sebesar 1 satuan maka hasil belajar siswa akan naik sebesar 0,22. Sedangkan dengan menggunakan R square diperoleh nilai sebesar 0,163 artinya pengaruh number sense hanya sekitar 16,3% terhadap hasil belajar matematika, artinya salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa adalah kemampuan number sense.

References

Read More

Authors

Alfian Mucti
alfianmucti@gmail.com (Primary Contact)
Nurmala R
Author Biography

Alfian Mucti, Universitas Borneo Tarakan, North Kalimantan

Google Scholar ID: 

https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=Uk1pvAQAAAAJ

SINTA ID:

http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6174998&view=overview
Mucti, A., & R, N. (2020). Pengaruh Kemampuan Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 8 Tarakan. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3660

Article Details

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.