Pengaruh Kemampuan Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 8 Tarakan

Alfian Mucti (1), Nurmala R (2)
(1) Universitas Borneo Tarakan, North Kalimantan, Indonesia,
(2) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh number sense terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 8 Tarakan sehingga guru dapat merencanakan pembelajaran dari karakteristik number sense yang mereka miliki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP N 8 Tarakan sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dimana kemampuan number sense siswa sebagai X dan hasil belajar matematika siswa sebagai Y. dari hasil penelitian diperoleh model persamaan linier regresi sederhana 14Y=4,003+0,22 X  dimana jika kemampuan number sense siswa nol maka hasil belajar matematika siswa 4,003 sedangkan jika kemampuan number sense meningkat sebesar 1 satuan maka hasil belajar siswa akan naik sebesar 0,22. Sedangkan dengan menggunakan R square diperoleh nilai sebesar 0,163 artinya pengaruh number sense hanya sekitar 16,3% terhadap hasil belajar matematika, artinya salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa adalah kemampuan number sense.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Greeno, J.G. (1978). Natures of problem solving abilities. In W.K. Estes (ed) Handbook of learning and cognitive processes. Volume 5. Human Information Processing; New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Indriati, I., & Hartono, Y. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD dengan soal-soal pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di SMA negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 157-170. https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.583.

Mucti, A., Izzatin, M., & Nurmala, R. (2018) Pengembangan media “card 24†pada siswa SD kelas V dalam operasi hitung bilangan bulat. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45-52. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5119.

Riduwan. (2012). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saleh, A. (2009). Number sense. Belajar matematika selezat coklat. Bandung: Trans Media Pustaka.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Penulis

Alfian Mucti
alfianmucti@gmail.com (Kontak utama)
Nurmala R
Biografi Penulis

Alfian Mucti, Universitas Borneo Tarakan, North Kalimantan

Google Scholar ID: 

https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=Uk1pvAQAAAAJ

SINTA ID:

http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6174998&view=overview
Mucti, A., & R, N. (2020). Pengaruh Kemampuan Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 8 Tarakan. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3660

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.