Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNITOMO terhadap Indeks Prestasi (IP) Ditinjau dari Asal Daerah
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Andriani, P. (2010). Pengaruh Asal Sekolah dan Jurusan Terhadap Hasil Belajar Pengantar Dasar Matematika Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Jurnal Beta, 3(2), 118-133.
Ardianik & Kadar, S. (2019). Tingkat Kemampuan Awal Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Angkatan 2016/2017 FKIP Universitas Dr. Soetomo Ditinjau dari Asal Daerah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2019 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. ISBN: 978-602-5793-44-8, 887-895.
Atmaja, P. P. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Djamarah S.B. (2011). Psikologi Belajar, Edisi ketiga, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Firdha, R. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. Jurnal Mosharafa, 6(1), 117-128.
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.
Purwaningrum, D., & Sumardi. (2016). Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2), 155-167.
Sabrina, R., dkk. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 108-118.
Sardiman A. M. (2012). Interaksi Dan MotivasI Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan, Research and Development, Cetakan ketiga, Penerbit: Alfabeta Bandung.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tukina. (2014). Proses Adaptasi Mahasiswa Binus University Asal Daerah. Jurnal Humaniora, 5(1), 425-434.
Winkel. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.