META-SINTESIS: SELF-ESTEEM DALAM HARD SKILL MATEMATIK SISWA
Abstrak
Tantangan dalam pendidikan matematika semakin lama semakin kompleks, khususnya dalam membentuk keseimbangan antara hard skill dan soft skill siswa. Salah satu aspek penting dari soft skill adalah self-esteem. Artikel ini bertujuan untuk meninjau keterkaitan antara self-esteem dan penguasaan hard skill matematika siswa melalui pendekatan meta-sintesis. Data dikumpulkan dari artikel-artikel yang terbit antara tahun 2020 hingga 2025 dengan fokus pada self-esteem dalam konteks penguasaan matematika. Strategi pencarian menggunakan perangkat lunak Publish or Perish, Google Scholar, dan PRISMA 2020. Hasil analisis menunjukkan bahwa self-esteem berpengaruh positif terhadap penguasaan hard skill matematika, mendorong kepercayaan diri, kreativitas, dan kemandirian belajar siswa. Studi ini menegaskan perlunya strategi pembelajaran yang juga memperhatikan aspek afektif terutama self-esteem dalam mendukung kemampuan kognitif siswa secara optimal
Artikel teks lengkap
Referensi
Alifiani, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Self-esteem. Jurnal Didactical Mathematics, 2(3), 83–93. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.56
Darma, Y., Firdaus, M., & Irvandi, W. (2020). Soft Skills Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 225. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1876
Darwanto. (2019). Hard Skills Matematik Siswa (Pengertian dan Indikatornya). Jurnal Eksponen, 9(1), 21–27.
Darwanto, Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Fitraini, D., Rahmayani, I., & Irma, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Esteem Siswa SMK/SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 177. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.16856
Fitri, A., & Noer, S. H. (2022). Analisis kemampuan penalaran matematis dan self esteem peserta didik pada materi Program Linear. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 13. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.4254
Fitria, K. N., Dwijanto, D., & Dewi, N. R. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Self-Esteem pada Model PBL dengan Pendekatan STEAM. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(2), 110–118. https://doi.org/10.37905/jmathedu.v4i2.20395
Kurnia, A., & Mansor, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Self Esteem Matematis melalui Pembelajaran E-Learning Berbasis Portal Rumah Belajar. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(Vol 12 No 2), 56–70. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.6023
Nurdiati, Y., & Setiawati, E. (2025). Transformasi Manajemen Pendidikan di Era Digital: Tantangan dan Peluang untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 2680 – 2685.
Riawati, B., Dwidayati, N. K., & Rosyida, I. (2020). Mathematical Communication Ability Reviewed from Student’s Self-Esteem on MiC Learning Process with Nuance of Jepara Culture. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(1), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/28383
Rista, L., Eviyanti, C. Y., & Andriani. (2020). PPeningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1153–1163.
Sintia, A., Baharudin, Hijriyah, U., Hasanah, U., Saputra, M. I., & Azizah, N. (2025). The Relationship Between Self Esteem and Learning Independence ? JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(1), 122–129.
Surti, Halini, & R, Z. (2024). Keterkaitan Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Self Esteem Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 5150–5158. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10326
Tutiharyati. (2022). Meta-Sintesis : Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Hots. Jurnal Dimensi Matematika, 05, 444–458. https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM
ULFAH, K., SUPRIANDI, A., & SETIAWAN, N. A. (2024). Academic Self Concept And Esteem Support In Mathematics Students: Do They Affect Academic Buoyancy. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 4(3), 244–256.
Verdianingsih, E. (2017). Self-esteem dalam pembelajaran matematika. Eduscope, 03(02), 1–9.
Walsh, D., & Downe, S. (2005). Meta-synthesis method for qualitative research: A literature review. Journal of Advanced Nursing, 50(2), 204–211. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2005.03380.x
Yudiono, U., & Sulistyo, S. (2020). Self-esteem: Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 8(2), 99–105. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wdhttp://dx.doi.org/10.30738/wd.v8i2.8736
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Cholifah Cholifah, Scolastika Mariani, Arief Agoestanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.