Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelompok B TK Taman Indria II Surabaya Tahun Pelajaran 2012/2013 Melalui Penggunaan Alat Bantu Hitung

Nur Laili (1)
(1) Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya., Indonesia

Abstract

Penggunaan alat bantu hitung merupakan alat peraga yang digunakan guru untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika dan mempermudah untuk menghitung dengan benar dan cepat agar mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu bentuk alat bantu hitung adalah berupa lidi, jari tangan dan kelereng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa setelah menggunakan alat bantu hitung. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena dilaksanakan untuk memperbaiki proses dan prestasi belajar siswa kelompok B melalui penggunaan alat bantu hitung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B TK TAMAN INDRIA II yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 7 siswa putri dan 12 siswa putra dengan kemampuan siswa dalam satu kelas adalah heterogen. TK TAMAN INDRIA II merupakan salah satu TK di Surabaya. TK Taman Indria Surabaya menentukan nilai kriteria ketuntasan minimal sebesar 75 untuk setiap materi pelajaran. Permasalahan yang terjadi di kelompok B adalah nilai hasil belajar matematika siswa belum mencapai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu hitung dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelompok B TK Taman Indria II Prestasi belajar matematika siswa setelah menggunakan alat bantu hitung meningkat dari 73,31 menjadi 90,25 atau meningkat 16,94 poin. Aktivitas siswa dalam mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru baik di siklus 1 maupun siklus 2 sudah cukup, berani bertanya kepada guru baik di siklus 1 maupun siklus 2 masih kurang, memahami soal dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan mengalami peningkatan yaitu sudah sesuai dengan harapan atau sudah baik.

Full text article

Generated from XML file

References

Amin, Siti. 1999. Hakekat Matematika, Surabaya : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dali. S. Naga. 1980. Berhitung dan Sejarah Perkembangan Matematika, Jakarta : Gramedia.

E.T Ruseffendi. 1979. Pengajaran Matematika Modern 5. Bandung : Transito.

Hudoyo, Herman. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.

Purwanto. 2007. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jogjakarta : Pustaka Pelajar.

Sadirman, 2007.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja.

Usman, Uzer. 1993. Upaya Optimaliasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

UU No : 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : Citra Umbara.

Authors

Nur Laili
shoffanshoffa@gmail.com (Primary Contact)
Laili, N. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelompok B TK Taman Indria II Surabaya Tahun Pelajaran 2012/2013 Melalui Penggunaan Alat Bantu Hitung. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/224

Article Details

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.