Penggunaan Media Kertas Warna dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas III SDN Gubeng III Surabaya Tahun Ajaran 2012/2013
Abstract
Minimnya media pembelajaran yang masih digunakan guru dalam mengajar menjadikan materi yang disampaikan masih bersifat monoton. Keadaan tersebut menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pecahan. Terlihat dari rendahnya nilai KKM siswa SDN Gubeng III Surabaya tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang penggunaan media kertas warna dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa pada materi pecahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui penggunaan media kertas warna dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data didapatkan melalui observasi kelas, dan tes hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gubeng III Surabaya dengan jumlah 37 siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus yang dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I yaitu ketuntasan pada te awal 62,16 %, pada siklus 78,38% sehingga terjadi peningkatan sebesar 26,09%. Kemudian pada siklus II ketuntasan belajarnya mencapai 83,78% (memenuhi kriteria indikator hasil belajar ). Hal ini sudah di nyatakan meningkat. Sedangkan data aktifitas siswa mengalami peningkatan dari 70,77% pada siklus I menjadi 88,29% pada siklus II.
Full text article
References
Abdurrahman, mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Cet. ke-2. Jakarta : Rineka cipta.
Anitah w, Sri,dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Cet. ke-4. Jakarta : Universitas Terbuka.
Anggorowati, Renny. 2012. Menggunakan Media Manipulatif Mika Transparan dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Islam Al Furqon Surabaya. Skipsi tidak dipublikasikan. UNESA.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Cet. ke-8. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Cet. ke-14 Jakarta : Rineka Cipta.
Arsyad, azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Nana, Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. ke-14. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Wijanarko, Lizard. 2011 ( 21 Maret). Kontribusi Warna Bagi Kehidupan Dan karya Desain Komunikasi Visual. (http//www.ahlidesain.com/kontribusi-warna-bagi-kehidupan-dan-kayadesain-komunikasi-visual).
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ