Implementasi Metode Skrip Kooperatif dengan Pemanfaatan Media “BEBIBULAN†dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Wahid Hasyim Prambon-Sidoarjo
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo dengan metode skrip kooperatif dengan pemanfaatan media “BEBIBULANâ€. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian berupa tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo. Sedangkan kelas VII-B sebagai kelas uji data untuk menegtahui validitas dan reliabilitas instrumen sebelum diujikan pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode skrip kooperatif. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UH ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 73,02 dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 83,63.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hayardin. 2006. Model-model kooperatif. (http://www.smansatase.sch.id/index.php/component/content/article/57-artpend/72-hakmat diakses 3 Januari 2013)
Junaidi. 2007. Pembelajaran matematika. (http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/06/pembelajaran-matematika.html diakses 28 Januari 2013)
Munadi, Yudi. 2008. Media Pembelajaran – sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) press. Tidak dipublikasikan.
Pradina.2009. membuat media pembelajaran. (http://kabarmingguan.blogspot.com/2012/12/membuat-media-pembelajaran-dari-botol.html diakses 3 Februari 2013)
Pramudya, Giri. 2009. Implementasi metode inkuiri berbantuan media “BEBIBULAN†dalam meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa SMPN 2 Tanggul Jember.PTK. Jember.
Shadiq, Fadjar. 2009. Model-model Pembelajaran SMP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Sudrajat. 2008. Mahir Mengembangkan kemampuan Matematika untuk SMA/SMK/MA sederajat (BSE).Jakarta : Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional.
Suprijono, Agus, N.Si. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.