Peningkatan Lapisan Pemahaman Konsep Bangun Datar Mahasiswa Calon Guru dengan Penerapan Model Pembelajaran PRAKTAK
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Droujkova, A., Berenson, B., Slaten, K. & Tombes, S. (2011) “A Conceptual Framework for Studying Teacher Preparation: The Piere-Kieren Model, Collective Understanding and Metaforâ€. Proceeding of the 29th Conference of the International Group for the Mathematical Education. Volume 2:289-296.
Dubinsky, E & Wilson, R. (2013) “High School Students’ Understanding of the Function Conceptâ€. the Journal of Mathematical Behavior 32 (2013) 83 101. For a pre-publication draft PDF, http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0732312312000582.
Jones, B. F., & Knuth, R. A. (1991). What does Research Say about Mathematics? [on-line]. Available: http://www. ncrl.org/sdrs/areas/stw_esys/2math.html. Manu. (2005) Language Switching and Mathematical Understanding in Tongan Classrooms: An Investigation.Journal of Educational Studies.Vol 27, Nomor 2, diakses 6 Maret 2015.
Martin, L. C. (2008) Folding back and the dynamical growth of mathematical understanding: Elaborating the Pirie-Kieren Theory The Journal of Mathematical Behavior, 2008-Elsevier Volume 27, Issue 1, 2008, Pages 64-85 Online diakses 28 Agustus 2018.
Meel, D. E. (2003) Model and Theories of Mathematical Understanding: Comparing Piere-Kieren’s Model of the Growth of Mathematical Understanding and APOS Theory. CMBS Issues in Mathematical Education. Volume 12, 2003.
Moleong, J. (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Nur, M. (2011) Ketrampilan-ketrampilan Proses Sains, Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Parameswaran, R. (2010) Expert Mathematicians Approach to Understanding Definition, The Mathematic Educator Vol 20, Number I:45-51.
Pegg, J. & Tall, D. (2005) The fundamental cycle of concept construction underlying various theoretical frameworks, Proceedings of PMEVolume 37, Issue 6, pp 468-475 Online http://link.springer.com/article/10.1007/BF02655855#page-2.
Piere, S. & Kieren, T. (1994) Growth in Mathematical Understanding: How we Can Characterize it an How can Represent it. Education Studies in Mathematics, 9, 160-190.
Sagala, V. (2016) Profil Lapisan Pemahaman Konsep Turunan Fungsi dan Bentuk Folding Back Mahasiswa Calon Guru Berkemampuan Matematika Tinggi Berdasarkan Gender, MUST: Journal of Mathematics Education Vol 1, No 2 (2016) http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/8384
Sagala, V. (2017) STRUKTUR LAPISAN PEMAHAMAN KONSEP TURUNAN FUNGSI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA Jurnal Didaktik Matematika ISSN 2355-4185 (print) | 2548-8546 (online) http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM.
Tall, David. 1993. The Transition from Arithmetics to Algebra: Numbers Patterns of Proceptual Programming? New Directions in Algebra Education, Queensland University of Teachnology, Brisbane, 213-231.
Tall, David. 1999. “Reflections on APOS theory in Elementary and Advanced Mathematical Thinkingâ€. Presented at PME23, Haifa, Israel. Vol 1, 111–118. http://www.warwick.ac.uk/staff/ David. Tall/pdfs/dot1999c-apos-in-amt-pme.pdf. Diakses tanggal 30 Juni 2018.
Winataputra, Udin S. (2001) Strategi Belajar Mengajar IPA, Jakarta: Universitas Terbuka.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.