Implementasi Model Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik

Isti Muhlisotin (1), M. Ivan Ariful Fathoni (2), Anisa Fitri (3)
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia,
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia,
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis ialah kemampuan peserta didik dalam menguasai pendapat matematika berupa diagram, tabel, simbol atau media yang lainnya. Paradigma pembelajaran Think Talk Write (TTW) ialah satu metode diantara yang lain dipakai untuk mengajarkan peserta didik bagaimana berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Tujuan penelitian ini yaitu melihat kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik menggunakan model TTW di SMA N 3 Bojonegoro. Penelitian ini memakai metode deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian ialah semua peserta didik kelas X-IPS dan sampelnya X-IPS 3 yang di pilih dengan teknik random sampling. Sumber data berasal dari hasil tes peserta didik. Akumulasi data pada penelitian ini menggunkan tes tertulis dan teknik wawancara. Berdasarkan pembahasan dan hasil perhitungan setiap uji bahwa kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik lebih baik dengan model Think Talk Write (TTW). Oleh sebab itu model TTW dapat dijadikan alternative dalam proses belajar.

References

Read More

Authors

Isti Muhlisotin
M. Ivan Ariful Fathoni
fathoni@unugiri.ac.id (Primary Contact)
Anisa Fitri
Muhlisotin, I., Fathoni, M. I. A., & Fitri, A. (2021). Implementasi Model Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.30651/must.v6i2.10498

Article Details

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.